Suami Meninggal, Meski Tak Bekerja Ibu ini Tak Pernah Kekurangan Hingga Biaya Sekolah ke 8 Anaknya

Siapapun akan menangis membaca kisah ini..

Bahkan beras saja datang dengan sendirinya…!

“Suami saya yang telah meninggal. Hidup bersama 8 anak sebagai single parent saya bahkan tak pernah kekurangan”

Tanpa henti saya terus bersyukur..

Berikut ini Kisah yang patut kita baca dan bisa menjadi bahan renungan. Sebuah tulisan yang beredar luas jejaring sosial, mengkisahkan sebuah kejadian yang dialami seorang ibu rumah tangga karena ditinggal sang suami meninggal dunia.

Tidak hanya itu saja, Ia juga harus menghidupi 8 orang anaknya yang masih kecil ketika sang suami meninggal karena kecelakaan motor.

Saat itu Ia merasa kebingungan karena sebelum sang suami meninggal, Ia sehari-hari beraktifitas sebagai Ibu rumah tangga. Ia merasa bingung mencari rezeki untuk menghidupi 8 anaknya. Namun, atas izin Allah ada suatu kejadian yang membuat Ia terkejut.

Berikut kisahnya:

“Saya nggak mau jadi ibu rumah tangga saja. Kalau suami meninggal atau kita bercerai, gimana? Siapa yang kasih makan saya dan anak-anak? Istri itu harus mandiri finansial supaya bisa punya uang untuk jaga-jaga kalau ada apa-apa dengan suami.”

Seketika, kalimat itu buyar kala saya berhadapan dengan seorang wanita berusia 47 tahun yang datang ke rumah saya untuk mengisi pengajian. Wanita bersahaja itu datang jauh-jauh, cukup jauh dari komplek perumahan tempat tinggal saya, untuk memberi pengajian secara gratis. Ingat, gratis lho…. Nggak ada bayaran sepeser pun kecuali sajian makan siang yang saya berikan. Dia datang untuk menggantikan guru ngaji saya yang berhalangan. Sambil menunggu teman-teman lain, kami ngobrol-ngobrol.

“Coba tebak, anak saya berapa, Bu?” tanyanya, ketika kami sedang ngobrol soal anak-anak. Saya sedikit mengeluhkan kondisi rumah yang berantakan karena anak-anak nggak bisa diam, lalu dia memaklumkan. Namanya juga anak-anak. Dia sudah berpengalaman karena anaknya lebih banyak dari saya.

“Ehm… empat?” (pikir saya, paling-paling cuma selisih satu).
“Masih jauh….”
“Tujuh….”

“Kurang… yang benar, delapan.”
Mata saya membelalak. Masya Allah! DELAPAN?!

“Itu masih kurang, Bu. Ustazah Yoyoh (almarhumah Yoyoh Yusroh, mantan anggota DPR) saja anaknya 13. Jadi, saya ini belum ada apa-apanya,” katanya, merendah.

Setelah itu, mengalirlah cerita-ceritanya mengenai anak-anaknya sampai teman-teman saya datang dan acara mengaji pun dimulai. Di sela pengajian, wanita itu bercerita mengenai keluarganya. Dari situ saya baru tahu kalau suaminya sudah meninggal dunia! Meninggal karena kecelakaan motor, meninggalkan istri dan delapan anak, yang terkecil berusia 2,5 tahun dan sang istri, ya… wanita itu… seorang IBU RUMAH TANGGA.

Ibu rumah tangga di sini maksudnya nggak kerja kantoran, tapi juga bukan pengangguran. Beliau aktif mengisi pengajian. Lalu, bagaimana kehidupannya setelah suaminya meninggal? Beliau nggak punya gaji, nggak kerja kantoran. Coba, gimana? Apa beliau lalu sengsara dan anak-anaknya putus sekolah? No. no, no….

Kalau saya mengingat kalimat pembuka di atas kok kayaknya mustahil ya seorang ibu yang nggak bekerja dan suaminya meninggal dunia, bisa bertahan hidup dengan delapan anak dan anak-anaknya bisa tetap kuliah. Mustahil itu… NGGAK MUNGKIN!

“Bagi Allah, nggak ada yang nggak mungkin, Bu. Asal kita percaya sama Allah. Allah yang kasih rezeki, kan? Percaya saja sama Allah. Saya cuma yakin bahwa semua yang saya dapatkan selama ini adalah karena kebaikan-kebaikan saya dan suami semasa hidup. Saya cuma berbagi pengalaman ya, Bu, bukan mau riya. Memang, suami saya dulu itu orangnya pemurah. Kalau ada yang minta bantuan, dia akan kasih walaupun dia uangnya pas-pasan. Alhamdulillah, Allah kasih ganti. Sewaktu suami masih hidup, kami hidup sederhana. Rezeki suami itu dibagi ke orang-orang juga, padahal anak kami ada delapan. Suami nggak takut kekurangan…..”

Kami menahan napas…..

“Hingga suami saya meninggal dunia… uang duka yang kami dapatkan itu… Masya Allah… jumlahnya 100 juta. Padahal, suami saya itu biasa-biasa saja, bukan orang penting. Uang itu langsung dibuat biaya pemakaman, tabungan pendidikan anak, dan sisanya renovasi rumah yang mau ambruk.”

Dengar uang 100 juta dari uang duka saja, saya sudah kagum.

“Saat renovasi rumah, saya serahkan saja ke tukangnya. Dia bilang, uangnya kurang. Saya lillahi ta’ala saja. Yang penting atap rumah nggak ambruk, karena memang kondisinya sudah memprihatinkan. Khawatirnya anak-anak ketimpa atap…..”

Saya membayangkan, keajaiban apa lagi yang didapatkan oleh wanita itu?

“Nggak disangka. Begitu orang-orang tau kalau saya sedang renovasi rumah, mereka menyumbang. Bukan ratusan ribu, tapi puluhan juta! Sampai terkumpul 100 juta lagi dan rumah saya seperti bisa dilihat sekarang…. Sampai hari ini, saya masih dapat transferan uang dari mana-mana, Ibu-Ibu. Saya nggak tau dari siapa aja karena mereka nggak bilang. Saya juga udah nggak pernah beli beras lagi sejak suami meninggal. Selalu ada yang kasih beras.”

Duh, nggak bisa nahan airmata deh jadinya….

Apa Rahasianya?

“Berbuat baik kepada siapa saja, sekecil apa pun. Insya Allah ada balasannya. Rezeki itu milik Allah. Kalau Allah berkehendak, Dia akan kasih dari mana pun asalnya….” tutupnya.

Rezeki itu milik Allah, siapa pun tidak boleh takabur. Bekerja bukanlah sarana menyombongkan diri bahwa hidup kita bakal terjamin karena bekerja. Yang menjamin hidup kita adalah Allah. Bekerja diniatkan untuk ibadah. Pembuka rezeki bisa datang dari mana saja, salah satunya dari berbuat kebaikan sekecil apa pun.

Ucapan, “Kalau suami meninggal atau bercerai, siapa yang kasih makan saya dan anak-anak?” itu sama saja dengan SYIRIK, atau MENDUAKAN ALLAH.

Menganggap diri kita super, dengan kita bekerja, maka rezeki terjamin. Padahal, ALLAH YANG KASIH REZEKI. Jika dulu Allah kasih rezeki melalui suami, besok Allah kasih lewat jalan lain. From Allah to Allah.

Semoga kita bisa mengambil hikmah dari kisah diatas.

 

sumber: wajibbaca.com

Inilah Alasan Kenapa Allah Menciptakan Air Laut Asin dari Sudut Pandang Sains

Air laut menjadi salah satu bukti dari kekuasaan Allah SWT yang membuat keseimbangan alam begitu mempesona.

Khusus untuk air laut, sebagian kita mungkin sering bertanya, mengapa rasanya bisa begitu asin dan berbeda dengan air jenis lain?

Sebagian berpikir, andai saja air laut berasa tawar, maka akan lebih bermanfaat untuk dikonsumsi. Karena tidak bisa dipungkiri jika saat ini dunia mengalami krisis air bersih yang layak minum.

Perkara air laut ternyata tidak luput dari pembahasan Allah SWT dan sudah tertulis dalam Alquran.

Ini menjadi bukti, bahwa Allah tidak main-main dalam proses penciptaan semua makhluk-Nya.

“Dan tidaklah sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu pakaip, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur.” (QS. Faathir: 12).

Salah satu bahaya yang akan menimpia makhluk ketika air laut tidak asin adalah tempat ini akan menjadi pusat dari segala macam bentuk wabah penyakit. Tentu ini akan mengancam keselamatan penduduk dunia, mengingat luas lautan lebih besar dibanding daratan. Mengapa bisa demikian?

Mencegah Penyakit Berkembang Biak

Salinitas (kadar garam) laut berfungsi untuk mensterilkan air, sehingga mencegah terjadinya pembusukan, dan perkembangbiakan penyakit. Kalau tidak demikian niscaya laut menjadi menjadi pusat (markas) yang baik bagi wabah dan penyakit yang menyebar ke seluruh negara dan bangsa.

Sekilas mari mengingat tragedi Tsunami yang terjadi pada 2004 silam. Ada begitu banyak korban jiwa yang meninggal dalam tragedi tersebut.

Sebagian ditemukan, namun tidak sedikit pula yang ikut terseret menuju lautan dan samudera yang luas. Bagaimana jadinya jika air laut rasanya tawar? Jika air laut tidak asin, maka jenazah ini justru akan menjadi wabah penyakit karena mengalami pembusukan. Wallahualam.

Kapal Tak Bisa Berlayar

Selain itu, asinnya air laut juga memberika hikmah luar biasa lainnya. Jika air laut tidak asin, niscaya akan menyulitkan dunia transportasi air. Namun, bagaimana bisa?

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah kapal-kapal (yang berlayar) di laut seperti gunung-gunung,” (QS. Asy-Syuuraa ayat 32).

“Kapal yang berlayar di laut dengan muatan yang bermanfaat bagi manusia,” (QS. al-Baqarah: 164).

“Masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur.” (QS. Faathir: 12).

Laut dan transportasi menjadi bagian yang memukau. Allah SWT menjelaskan tentang laut dan dihubungkan dengan kapal-kapal sebagai alat transportasinya. Jika ini tidak istimewa, mengapa Allah tidak menyebut sungai dan alat transportasinya? Karena keistimewaannya inilah maka Allah menyebutkannya di dalam Alquran.

Ternyata ini ada kaitannya dengan asinnya air laut. Hal ini bisa dibuktikan dari proses pembuatan es krim. Jika melihat proses membuat es krim, maka akan ditemukan bahwa pembekuan es krim dengan menggunakan es saja tidak cukup, karena es tidak dapat mendinginkan hingga di bawah 0 (nol) derajat celcius.

Untuk itu, para pekerja mencampurkan garam ke dalam es, sehingga membentuk campuran cairan asin yang meleleh pada derajat di bawah nol derajat (yang perlu diperhatikan bahwa pendinginan dengan cara ini yaitu peningkatan konsentrasi garam tidak dapat dilakukan sampai suhu di bawah 12 derajat celcius). Dan pengamatan sederhana ini termasuk hal yang penting yang terjadi di perairan laut.

Danau dan sungai dapat membeku dimusim dingin. Tapi, laut tidak. Salah satu penyebab utamanya adalah laut memiliki air yang asin. Kandungan garam di air laut menurunkan titik bekunya. Maka keberadaan kadar garam di laut ini membuat air laut baru membeku pada derajat di bawah 0 (nol) derajat, suatu hal itu yang memungkinkan air laut tetap mengalir/tidak beku (karena ia cair) pada derajat kurang dari 10 derajat.

Jadi, suhu musim dingin rata-rata tidak mampu membekukan air laut. Sehingga hal itu memudahkan pelayaran pada musim dingin pada waktu yang lebih lama (karena air laut tidak membeku pada suhu di bawah nol derajat). Wallauhualam, hanya Allah lah pemilik ilmu pengetahuna. Tidak satupun di muka bumi yang diciptakannya tanpa hikmah, begitu indah, dan tanpa celah.

Semoga bisa menambah khazanah pengetahuan kita, terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca…

Sumber: infoyunik.com

Amalkan 2 Surat Ini di Pagi Dan Petang Agar Rumah Bebas dari Gangguan Jin

Setan ialah makhluk ciptaan Allah SWT yang sudah berjanji untuk menggoda serta menyesatkan manusia. Setan mengeluarkan semua kemampuannya guna menyesatkan manusia agar terjerumus ke dalam api neraka

Ada beberapa cara untuk menghindari godaan setan yang terkutuk, salah satunya yaitu dengan membaca bacaan Al-Qur’an. Surah apa yang dapat menghindarkan kita dari godaan setan?

Al-Qur’an merupakan kumpulan firman Allah SWT sebagai pedoman hidup manusia dan ternyata ada beberapa surat dalam kitab suci ini yang dapat digunakan untuk mengusir setan yang selalu menggoda manusia agar terjerumus dalam lembah dosa.

Manusia memiliki musuh, baik dari dirinya sendiri maupun dari lingkungan sekitarnya. Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنِ ابْنِ آدَمَ مَجْرَى الدَّمِ

“Sesungguhnya setan mengalir dalam pembuluh darah anak Adam.” (HR. Muslim no. 2173)

Oleh karena itu, setiap hari manusia berada di medan peperangan, melawan musuh dalam dirinya. Hanya ada dua kemungkinan: menang atau kalah.

Ketika dia marah, pembuluh darahnya melebar sehingga setan pun leluasa menguasainya. Tatkala dia lalai dari dzikrullah, setan pun menguasainya, begitu pula sebaliknya.

Musuh manusia dari lingkungan sekitarnya lebih beragam. Musuh ini bisa berupa benda mati, hewan, kegelapan malam, bangsa jin[1], dsb. Allah ‘azza wa jalla dan Rasul-Nya n telah mengajarkan kepada hamba-Nya cara membentengi diri dan melawan musuh-musuh tersebut. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ ٱلشَّيۡطَٰنِ نَزۡغٞ فَٱسۡتَعِذۡ بِٱللَّهِۖ

“Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, mohonlah perlindungan kepada Allah.” (Fushshilat: 36)

Salah satu cara membentengi diri adalah membaca surat al-Falaq dan an-Nas. Kedua surat ini dikenal dengan sebutan al-Mu’awwidzatain (dua pelindung) karena diamalkan untuk berlindung dan membentengi diri.

Keutamaan al-Falaq dan an-Nas

Di antara keutamaan-keutamaannya adalah sebagai berikut.

Tidak ada surat yang menyerupainya-yang digunakan untuk beristi’adzah (minta perlindungan)—di dalam Taurat, Injil, bahkan al-Qur’an. Al-Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahih-nya, dari ‘Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu ‘anhu, Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتْ هَذِهِ اللَّيْلَةَ، لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ : قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلۡفَلَقِ و قُلۡ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلنَّاسِ

“Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan pada malam ini? Tidak ada yang semisal dengannya sama sekali. Ayat-ayat tersebut adalah surat Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas.”

Keduanya membentengi diri dari penyakit ‘ain (penyakit akibat pandangan yang berbahaya, baik pandangan bangsa jin maupun manusia).

Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi, an-Nasa’i, dan Ibnu Majah dengan sanad yang hasan, dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam beristi’adzah dari penyakit ‘ain, baik dari bangsa jin maupun manusia.

Membacanya dapat menghilangkan rasa sakit. Diriwayatkan oleh al-Imam Malik dengan sanad yang shahih, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, apabila Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam merasakan sakit, beliau membaca al-Mu’awwidzatain dan meniupkannya pada kedua telapak tangan kemudian mengusapkannya pada daerah yang sakit.

Surat al-Falaq dan an-Nas menjadi benteng ketika seseorang bermalam (tidur). Caranya disebutkan oleh hadits ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, yaitu dengan menggabungkan kedua telapak tangan, meniup pada keduanya, kemudian membaca pada keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas. Setelah itu, kedua telapak tangan diusapkan ke badan, dimulai dari kepala dan wajah, hingga anggota badan yang bisa dijangkau. Hal ini dilakukan tiga kali. (HR. al-Bukhari no. 5017 dan Muslim no. 2192)

Kedua surat ini termasuk surat yang paling sering dibaca, sebagai zikir pagi dan zikir petang, bacaan surat dalam shalat, dan yang telah disebutkan di atas.

Akidah manusia mengenai jin dan setan berbeda-beda.

Meyakini bahwa jin dan setan itu ada, tetapi mereka tidak punya pengaruh terhadap badan kita. Begitu pula sihir, penyakit ‘ain, dan pendengki, tidak mempunyai pengaruh terhadap badan kita.

Mengingkari keberadaan jin dan pengaruhnya terhadap kita, dan menganggap semua itu sebagai khayalan manusia belaka.

Dua pendapat di atas adalah pendapat yang menyimpang.

Adapun ahlul haq menetapkan adanya jin dan setan sekaligus pengaruhnya, sebagaimana Allah dan Rasul-Nya telah menyebutkan sifat dan kejelekannya.

[1] Perbedan jin dan setan adalah dari sisi keumuman dan kekhususan. Jin adalah umum; ada yang saleh dan ada yang thalih (lawan kata saleh). Adapun setan lebih khusus; dia jin yang thalih. Iblis la’natullah ‘alaih (laknat Allah atasnya) adalah bapak para setan.

Semoga Allah melindungi kita dari godaan-godaan setan yang akan membawa kita ke neraka.

sumber : www.line6.press

Inilah Kondisi Kesehatan Tubuh Kamu yang Bisa Dilihat dari Mata

Mata merupakan anugerah besar bagi kita, kita dapat melihat serta mempelajari hal hal baru dengan mengamatinya. Sepatutnya kalau kita mesti menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi makanan sehat dan kaya akan vitamin A dan betakaroten.

Berbicara seputar mata, belum banyak yang tahu jika kondisi mata kita sebenarnya bisa menjadi indikator bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, dan fakta ini belum banyak diketahui orang orang loh. Yuk kita lihat apa saja sih kondisi mata yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita.

Stens permanen

Jika Anda pernah memiliki sty, Anda tahu rasa sakit dan iritasi yang ditimbulkannya, dan biasanya lewat dalam beberapa hari. Jika sty tidak hilang dalam waktu 3 bulan, ini mungkin merupakan bentuk kanker langka yang dikenal dengan sebaceous carcinoma.

Alis Rontok

Kehilangan alis terjadi karena berbagai alasan. Jika bagian luar alis mulai hilang, masalah serius bisa terjadi. Hilangnya rambut di daerah alis mungkin menunjukkan masalah pada kelenjar tiroid.

Penglihatan kabur

Jika kamu merupakan pengguna aktif Smartphone ataupun layar komputer, Anda mungkin merasakan sensasi terbakar di mata. Jika penglihatan Anda terasa redup saat menonton layar komputer, itu adalah hasil dari sindrom penglihatan komputer.

Titik buta (Blind Spot)

Bintik buta di mata Anda mungkin memiliki makna yang lebih dalam. Jika Anda melihat adanya blind spot dengan garis berkedip atau bergelombang, ini bisa menjadi konsekuensi dari migrain. Dan karena itulah Anda sering disertai sakit kepala.

Mata menggembung

Perasaan ekspansi di mata Anda mungkin terkait dengan masalah tiroid. Penyebab paling umum menonjol di mata Anda adalah kelenjar tiroid yang terlalu aktif, yang dikenal sebagai hipertiroidisme.

Putih kuning

Kondisi ini dikenal sebagai ikterus. Hal ini sering terjadi pada bayi baru lahir dengan fungsi hati yang belum matang, tapi mungkin juga terjadi pada orang dewasa. Jika penyakit kuning terjadi di masa dewasa, itu adalah pertanda masalah hati atau kantong empedu.

Penglihatan Redup dengan diabetes

Penderita diabetes lebih terpapar penyakit mata, yang dikenal dengan diabetes retinopathy. Penyakit ini mempengaruhi sistem sirkulasi mata. Inilah penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Gangguan atau penglihatan buram, kehilangan penglihatan secara tiba tiba

Jika Anda mengalami penglihatan ganda secara tiba-tiba di mata, melihat atau menghilang sepenuhnya, segera ke dokter. Semua ini mungkin pertanda serius.

Semoga ulasan ini memberi manfaat… jaga selalu kesehatan tubuh kita….

 

sumber : www.sosialcepat.co

 

TAHUKAH KAMU, Inilah yang Terjadi pada Tubuh Jika Sering Minum Air Hangat

Air hangat punya banyak manfaat yang tak diketahui  banyak orang, yang diketahui cuma manfaat air hangat layaknya air biasa, untuk meredakan rasa haus di dalam tubuh. Manfaat minum air hangat tak cuma itu saja, tapi banyak lagi manfaat lainnya terutama dalam bidang kesehatan.

Manfaat minum air hangat dalam bidang kesehatan sangat banyak sekali. Air hangat yang baik adalah air yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak berasa. Air murni dan hangat lebih baik untuk kesehatan dibandingkan dengan air yang sudah dicampurkan dengan gula. Air yang sehat adalah air hangat, murni, jernih dan tentunya sudah melalui proses pemasakan sehingga kuman dan bakteri di dalamnya sudah mati.

Selain air hangat yang murni, air hangat dicampurkan beberapa perasan lemon segar bisa semakin menyehatkan tubuh. Untuk mengatasi kondisi tertentu air hangat bisa dicampurkan menggunakan bahan-bahan lainnya. Manfaat minum air hangat adalah sebagai berikut ini :

1. Meredam Rasa Gatal Di Tenggorokan

Saat anda batuk, tentu anda merasakan bahwa tenggorokan anda sangat gatal dan serak. Hal itu dikarenakan di dalam tenggorokan anda terdapat virus batuk yang menyebabkan rasa gatal. Meminum segelas air hangat bisa meredakan gatal pada tenggorokan anda. Rasa hangat dari air tersebut dapat menetralisir virus batuk yang ada di dalam tenggorokan.

2. Membuat Berat Badan Menurun

Air hangat bisa bermanfaat untuk membuat metabolisme di dalam tubuh menjadi sehat. Untuk kesehatan, mengkonsumsi air hangat bisa membuat berat badan ideal. Sedangkan untuk yang ingin menurunkan berat badan, air hangat dicampurkan dengan beberapa perasan lemon segar bisa menurunkan berat badan bahkan bisa sampai beberapa kilogram. Caranya adalah sebagai berikut ini :

Saat pagi hari, anda bisa memulai aktivitas anda dengan segelas air hangat. Jangan lupa campurkan perasan lemon. Gunakan saringan teh agar biji lemon tidak ikut masuk ke dalam air. Jangan makan dulu selama 15 menit agar air hangat dicampurkan perasan lemon bereaksi. Cara kerja dari air hangat perasan lemon ini adalah perasan air lemon akan memecah jaringan lemak menumpuk di dalam tubuh yang ada di beberapa bagian organ. Terutama di bagian lengan, paha dan juga perut.

3 Melegakan Hidung Dan Tenggorokan

Saat terkena batuk dan pilek, seseorang akan merasakan ketidaknyamanan di dalam hidung dan juga tenggorokannya. Bagi batuk berdahak, tenggorokannya akan dipenuhi dengan dahak. Sehingga dahak tersebut bisa menyumbat tenggorokan. Batuk juga disertai dengan pilek. Saat pilek hidung pun akan tersumbat dengan ingus. Saat seperti itulah, anda membutuhkan air hangat. Air hangat bisa melegakan hidung dan tenggorokan anda dari dahak dan juga ingus. Air hangat berfungsi sebagai antibiotik alami sehingga bisa melegakan hidung dan tenggorokan.

4 Detok Alami

Air hangat bisa bermanfaat untuk proses detox alami bagi tubuh. Detox merupakan cara tepat untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita. Racun banyak tersimpan di usus, penyebabnya adalah sebagai berikut ini :

  • Usus merupakan organ pencernaan yang dilalui oleh makanan yang telah dicerna. Racun atau toksin tubuh banyak dihasilkan dari makanan.
  • Makanan yang tidak sehat ( berlemak, berminyak, kolesterol tinggi, tinggi pengawet, pewarna dan pemanis buatan ) juga akan dicerna dan dialirkan ke usus.
  • Makanan yang tidak sehat tidak bisa diserap oleh tubuh, sehingga racunnya bisa menempel ke usus. Detok berguna untuk mengeluarkan racun terutama racun di usus melalui keringat, urin dan juga feses.
  • Jika tidak dikeluarkan toksin tersebut bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Penyakit terparah akibat dari toksin yang menumpuk di usus adalah kanker usus.

Untuk melakukan satu kali detoksifikasi membutuhkan biaya yang mahal, namun juga harus dibarengi dengan produk-produk penunjang pengeluaran racun. Sekarang ini anda bisa melakukan detok secara gratis dan mudah. Yaitu dengan menggunakan air hangat. Cara melakukan detox menggunakan air hangat adalah sebagai berikut ini :

  • Minumlah air hangat saat bangun tidur, usahakan agar tubuh anda menjadi berkeringat setelahnya.
  • Minumlah air hangat sebelum anda tidur, usahakan agar tubuh juga berkeringat. Jika air hangat belum bisa membuat berkeringat, tambahkan sedikit air panas.
  • Saat tubuh berkeringat, hal itu menandakan jika suhu tubuh anda sedang meningkat.
  • Saat suhu tubuh meningkat racun akan dikeluarkan melalui keringat, sisanya akan dikeluarkan melalui urin dan feses. Lakukanlah secara teratur agar toksin bisa terbuang semua.
  • Tidak ada toksin di dalam usus bisa menghindari resiko terkena kanker usus. Terutama kanker usus besar dan kolorektal.
  • Hasil yang maksimal bisa ditambahkan dengan beberapa perasan lemon dan juga madu.

5 Membantu Pergerakan Usus

Pergerakan usus akan lancar jika anda mengkonsumsi air hangat. Air hangat bisa menghindarkan anda dari rasa haus yang berlebihan atau dehidrasi. Jika anda kekurangan cairan dan dehidrasi, anda bisa terkena sembelit. Orang yang terkena sembelit akan merasakan nyeri saat BAB dan juga menimbulkan rasa sakit. Waktu yang tepat untuk BAB adalah saat pagi hari. Usahakan untuk minum air hangat sehabis anda bangun tidur, hal itu dikarenakan saat pagi hari perut anda dalam kondisi kosong.

Air hangat yang anda minum, bisa mencegah dehidrasi dan menguraikan sari makanan yang masih menempel di organ pencernaan. Air hangat juga bisa membuat partikel makanan menjadi lebih lembut. Partikel makanan yang lebih lembut membuat pergerakan usus menjadi lebih lancar.

6 Membuat Pencernaan Menjadi Lancar

Air hangat bisa menyebabkan pencernaan menjadi lancar. Sehabis anda mengkonsumsi sesuatu usahakan untuk tidak mengkonsumsi air es namun usahakan untuk mengkonsumsi air hangat. Alasannya adalah :

  • Air es bisa menggumpalkan minyak dan juga lemak di dalam tubuh.
  • Minyak dan lemak yang sudah tergumpal bisa menyebabkan tumor bahkan kanker.
  • Air es tidak bisa menyerap kandungan makanan yang kita makan, akibatnya makanan dengan gizi apapun jika diimbangi dengan air es tidak bisa terserap oleh tubuh.
  • Air es mampu menciptakan timbunan lemak di dalam usus. Timbunan lemak di usus bisa menganggu pencernaan.

Jika sehabis memakan makanan anda mengganti segelas air es dengan segelas air hangat, anda bisa terhindar dari semua hal di atas. Alasannya adalah :

  • Air hangat mampu membuat makanan terserap sempurna.
  • Air hangat mampu melarutkan minyak dan lemak bersama dengan peredaran darah di dalam tubuh manusia bukan malah menggumpalkannya atau menimbunnya.
  • Sisa makanan yang dicerna oleh tubuh dijadikan dalam partikel-partikel kecil, sehingga memudahkan usus untuk membuangnya melalui feses.

7 Meringankan Nyeri Perut Akibat Menstruasi

Saat menstruasi, rahim sedang mengeluarkan darah kotor yang melekat di dinding rahim. Pelepasan sel darah kotor dari dinding rahim tersebut diduga yang menjadi penyebab timbulnya kram atau nyeri perut. Saat menstruasi, tidak boleh mengkonsumsi air es. Alasannya adalah sebagai berikut ini :

  • Darah kotor tidak bisa terlepas dengan sempurna dari dinding rahim.
  • Darah kotor yang tidak bisa keluar dari rahim justru terus menempel di dinding rahim.
  • Jika darah kotor terus menumpuk tanpa bisa dikeluarkan semua, bisa menyebabkan kista, tumor bahkan kanker.

Untuk menghindari semua itu anda harus mengkonsumsi air hangat. Air hangat bisa memudahkan darah kotor terlepas sempurna tanpa sisa di dinding rahim. Air hangat juga memudahkan kerja rahim untuk melepaskan sel darah kotor tersebut. Semakin mudah rahim untuk melepaskan darah kotor, semakin ringan pula nyeri yang akan dirasakan.

8 Melancarkan Peredaran Darah

Air hangat juga berguna untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Air panas bisa melebarkan pembuluh darah . Jika pembuluh darah melebar, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar.

9 Menciptakan Sistem Syaraf Yang Sehat

Syaraf yang sehat bisa diciptakan dengan segelas air hangat. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi air hangat bisa melancarkan peredaran darah, peredaran darah yang lancar bisa menunjang aktivitas syaraf menjadi lancar. Aktivitas syaraf dan kinerja syaraf yang tidak terganggu bisa membuat sistem syaraf menjadi sehat.

10 Meredakan Kaki Kram

Bagi anda yang merasakan kram di telapak kaki, ada baiknya anda mengatasinya menggunakan air hangat. Minumlah air hangat yang dicampurkan dengan sedikit madu. Bisa juga anda merendam kaki anda di air hangat yang telah dicampurkan dengan garam selama 15 menit, pijat-pijat telapak kaki anda secara lembut. Kram pun akan segera hilang dari telapak kaki anda. Yang harus diwaspadai dari kram adalah sebagai berikut :

  • Kram kaki tersebut disertai dengan kram di telapak tangan.
  • Kram muncul di waktu-waktu tertentu misalnya saja saat malam hari dan juga menjelang pagi hari.
  • Apabila kram tersebut berulang dan di waktu yang sama ( malam hari dan menjelang pagi hari ), segera periksakan kondisi kesehatan anda. Kram tersebut bisa menjadi indikasi diabetes, asam urat maupun kolesterol.

11 Menenangkan Dan Menghilangkan Stress

Air hangat juga memiliki manfaat untuk psikis seseorang. Jika anda sedang galau dan gundah. Ada baiknya di pagi hari anda menikmati segelas air hangat sambil menghirup udara pagi dalam-dalam. Hal tersebut bisa menenangkan jiwa dan pikiran anda. Efeknya anda akan merasa tenang.

12Menghilangkan Kantuk

Manfaat minum air hangat juga sangat penting dirasakan pada saat pagi hari, karena masih banyak yang mengantuk. Mengantuk tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor misalnya saja tidur yang tidak berkualitas, tidur terlalu larut malam dan bangun terlalu pagi. Untuk mengatasi rasa kantuk anda, minumlah air hangat. Usahakan sampai badan anda berkeringat. Dijamin, setelah anda berkeringat karena segelas air hangat. Kantuk anda pun segera hilang.

13 Membangkitkan Semangat

Di pagi hari banyak orang yang merasa malas untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya saja membersihkan halaman rumah, membersihkan lantai rumah dan masih banyak lagi lainnya. Di dukung dengan cuaca pagi hari yang dingin menambah rasa malas tersebut. Untuk membangkitkan semangat di pagi hari sebaiknya anda meneguk segelas air putih hangat terlebih dahulu. Rasa malas anda pun akan hilang digantikan dengan semangat yang ada di dalam diri anda.

14 Menepis Rasa Dingin

Cuaca hujan seperti ini menimbulkan rasa dingin di kulit tubuh. Mengkonsumsi air hangat bisa meningkatkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat bisa bermanfaat untuk menepis dan menghilangkan rasa dingin.

15Membuat Tidur Berkualitas

Anda sering terbangun dan terjaga di setiap malam?. Hal itu menandakan bahwa anda memiliki pola tidur yang kurang berkualitas. tidur yang tidak berkualitas bisa menyebabkan seseorang terkena berbagai macam penyakit. Misalnya saja diabetes, jantung, hipertensi dan berbagai penyakit kronis lainnya. Untuk membuat tidur anda berkualitas dan lebih nyenyak, anda bisa minum air hangat dicampurkan dengan teh beraroma mint sebelum tidur. Lebih bagus lagi jika anda menggunakan air hangat untuk merendam tubuh anda. Otot dan tubuh anda akan rileks. Setelah tubuh rileks, anda akan tidur nyenyak tanpa terbangun di malam harinya.

16Menyehatkan
Air hangat bermanfaat untuk menyehatkan organ tubuh. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa, air hangat bisa bersifat menenangkan dan menghilangkan stress. Orang yang tingkat stressnya rendah bisa membuat orang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Penyakit yang sering menimpa orang dengan stress tinggi adalah jantung, stroke, darah tinggi bahkan kanker ganas sekalipun.

17 Menghilangkan Mual
Saat anda hamil muda, anda akan sering merasakan mual saat menggosok gigi. Untuk mengatasi mual tersebut, sebaiknya sebelum menggosok gigi anda meminum air hangat terlebih dahulu. Air hangat yang dicampurkan teh mint bisa meredakan rasa mual ibu hamil. Untuk berkumurnya juga harus menggunakan air hangat.

18Meredakan Sakit Gigi
Sakit gigi bisa diredakan menggunakan air hangat. Hal itu dikarenakan air hangat juga berfungsi sebagai antibiotik. Nyeri saat sakit gigi pun bisa diredakan menggunakan air hangat. Caranya adalah minum air hangat di saat sakit gigi anda kambuh, setelah itu juga sering berkumur menggunakan air hangat.

19 Menghilangkan Bau Mulut
Efek minum air hangat juga dapat menghilangkan dan meredakan bau mulut yang sangat mengganggu. Air hangat efektif membantu mengurangi sisa plak yang menempel di mulut yang menjadi salah satu penyebab bau mulut mengganggu.

20 Membuang Lemak
Air panas sangat efektif untuk membantu membuang lemak agar dapat segera diproses menjadi BAB atau air seni dan tidak menumpuk di usus. Hasilnya sangat memuaskan, lemak dalam usus akan hancur sebelum mengendap dalam tubuh.

Itulah manfaat dari minum air hangat yang bisa kita rasakan, kebiasaan ini sangatlah baik dilakukan terutama sehabis konsumsi makanan yang tinggi akan lemak. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi pembaca..

sumber : 9TrendingTopic

Doa Sakit Gigi dan Sakit Gusi yang Mujarab dari Rasulullah

 

Jika membahas mengenai kesehatan, ada beberapa hal yang bisa diulas seperti misalnya bagaimana cara menurunkan berat badan, mengatasi demam, sampai bagaimana cara untuk mencegah timbulnya jerawat.

Memang, sebagai manusia haruslah memahami bagaimana cara untuk menjaga kesehatan.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itulah kita sebagai manusia harus paham betul tentang makna kesehatan.

Seperti misalnya ketika sedang sakit gigi, memang ada obatnya seperti doa sakit gigi. Tapi apa tak ingin mencegahnya daripada merasakan sakit dan ngilu di gigi?

Berbicara mengenai kesehatan, bagaimanakah kesehatan di dalam Islam tersebut?

Sehat dalam Islam

Di dalam Islam sendiri, sehat tak lain dan tak bukan berhubungan dengan kebersihan, dan hal tersebut merupakan sebagian dari iman.

Sehingga seseorang dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan agar mendapat ridha Allah SWT.

Rasulullah SAW pun gemar menjaga kesehatan, salah satunya adalah beliau melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga.

Nabi saw. bersabda, “Ada dua anugerah yang karenanya banyak manusia tertipu, yaitu kesehatan yang baik dan waktu luang.” (HR. Bukhari)

Abu Darda berkata, “Ya Rasulullah, jika saya sembuh da­ri sakit saya dan bersyukur karenanya, apakah itu lebih baik daripada saya sakit dan menanggungnya dengan sabar?

Nabi saw menjawab, “Sesungguhnya Rasul mencintai kesehatan sama seperti engkau juga menyenanginya.

Diriwayatkan oleh  at-Tirmidzi bahwa Rasulullah saw bersabda:

Barangsiapa bangun di pagi hari dengan badan schat dan jiwa sehat pula, dan rezekinya dijamin, maka dia seperti orang yang memiliki dunia seluruhnya.

Di antara ucapan-ucapan bijaksana Nabi Dawud as adalah sebagai berikut, “Kesehatan adalah kerajaan yang tersembunyi.” Juga. “Kesedihan sesaat membuat orang lebih tua satu tahun.”

Juga, “Kesehatan adalah mahkota di kepala orang-orang yang schat, yang hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang sakit.” Dan juga, “Kesehatan adalah harta karun yang tak terlihat.”

MasyaAllah, sungguhlah banyak makna kesehatan dalam kehidupan ini. Akan tetapi menjadi pertanyaan bagaimana jika sedang mengalami kesakitan seperti misalnya sakit gigi?

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca doa sakit gigi supaya cepat sembuh.

Doa Ketika Sakit Gigi

Ketahuilah bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, salah satunya adalah dengan berdoa dengan sungguh-sungguh layaknya bacaan doa sakit gigi sesuai sunnahberikut ini.

Rasulullah menganjurkan untuk membaca doa berikut ini:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ. ثَلاَثًا. وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Letakkan tanganmu pada tempat yang sakit dan bacalah Bismillah tiga kali, lalu bacalah “A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim)

Dalam Syarah Hisnul Muslim disebutkan asbabul wurud hadits ini.Suatu hari ada seornag sahabat Nabi SAW yang datang mengeluhkan sakit pada anggota tubuhnya.

Ia bernama Utsman bin Al Ash r.a. yang merasakan sakit sejak ia masuk islam. Lalu Rasulullah mengajarkan doa dan cara tersebut:

1. Letakkan tangan pada tempat yang sakit

2. Baca bismillah tiga kali

3. Baca doa ini tujuh kali:

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya:

Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan.

tulah doa amalan menyembuhkan gigi berlubang dan ngilu pada gusi. Selain membaca doa di atas, ada baiknya untuk rutin memeriksakan gigi ke dokter secara berkala.

Ketika di rumah juga rajinlah untuk menggosok gigi sesuai waktu yang dianjurkan, yakni setelah makan, sebelum tidur, dan sebagainya.

Pun bisa dengan membaca doa doa sakit gigi latin dan arab yang telah diulas tersebut. Sehingga kesehatan bisa terjaga dan tak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Pastinya tak ingin kan kalau pekerjaan terhambat hanya karena ngilu pada gigi?

Oleh karena itulah, pahami dan ajarkan doa sakit gigi untuk anak, saudara, dan juga keluarga agar terbebas dari rasa tak nyaman yang mendera.

Semoga bermanfaat.

 

sumber: wajibbaca.com

KEJADIAN NYATA, Inilah Bahaya Pakai Jaket Terbalik Saat Naik Motor

Kiranya apa yang akan kami sampaikan ini dapat menjadi himbauan kepada kamu yang biasa mengendarai sepeda motor dengan memakai jaket terbalik.

Saat berkendara terutama naik sepeda motor, memang harus banyak persiapan untuk kenyamanan serta keamanan. Mulai dari jas hujan hingga jaket kerap digunakan selama mengendarai kendaraan roda dua ini.

Ya, apalagi nih jika sedang musim hujan tentu orang-orang akan mengenakan jas hujan. Selain itu saat cuaca sedang panas terik, tak sedikit pula yang mengenakan sarung tangan dan kaus kaki agar kulit tidak terbakar.

Nah jaket sendiri dinilai sangat berguna saat berkendara. Bisa digunakan saat cuaca panas terik maupun saat dingin. Tapi, kamu sadar nggak sih banyak orang yang kadang mengenakan jaket terbalik saat naik sepeda motor?

Demi terlindungi dari terik matahari maupun udara dingin, orang-orang lebih suka mengenakan jaket terbalik dan tentu saja tidak dikancing.

Seorang pria asal Negeri Jiran bernama Zairul Eizam membagikan pengalamannya kepada semua orang yang suka mengenakan jaket terbalik saat naik sepeda motor.

Ia mengunggah pengalamannya di akun Facebook miliknya pada Selasa (6/3) lalu.

Berikut pengalamannya dari akun Facebook Zairul Eizam melansir dari brilio.net, Kamis (8/3/2018).

Terngiang-ngiang hingga hari ini.

Kepada pengendara sepeda motor. Saya mohon bantuan kalian, bisa?

Sejak 18 hari lalu, saya lihat ada 63 orang pengendara sepeda motor memakai jas hujan atau jaket tidak dikancing (lihat foto).

Begini, saya juga pengendara sepeda motor seperti kalian. Setiap kali memanaskan mesin motor, biasanya saya juga akan pakai jas hujan sebelum saya pakai helm. Sebabnya karena beberapa hal:

Satu: siap sedia kalau tiba-tiba hujan.

Dua: menghindari agar pakaian/seragam kerja bau asap.

Tiga: dingin, terutama kalau pergi pagi-pagi sekali.

Sepanjang perjalanan saya dari rumah ke tempat kerja dan begitu sebaliknya adalah 68 km. Apa yang saya lihat, banyak pengendara memakai jaket atau jas hujan tidak dikancing. Baik saat melaju maupun berhenti di lampu merah.

Saya mengerti kalian ingin cepat berangkat kerja atau pulang ke rumah. dan saya juga mengerti ajal maut di tangan Tuhan.

Tapi, begini…

Teringat saat saya masih SMA. Heboh cerita seorang senior meninggal dunia akibat pakai jaket tidak dikancing. Jaket yang dipakainya pun berkibar-kibar lalu tersangkut ke pengait di samping truk semen.

Bukan mau menakut-nakuti, tapi itu kenyataan. Almarhum, ketika itu disebutkan akan menyalip truk semen, tiba-tiba tak seimbang, tersangkut jaketnya lalu terlindas truk semen dan tewas. Masih teringat hingga hari ini.

Saya cerita ini bukan apa-apa, banyak pengendara sepeda motor suka menyalip-nyalip. Kita nggak sadar, karena pakai jaket nggak dikancing, bisa jadi tersangkut di kaca spion mobil atau sepeda motor lainnya.

Di tempat kerja, Alhamdulillah saya sukses membujuk teman kerja untuk pakai jaket dikancing. Syukurlah, mereka mau mendengar dan melakukan hal itu.

Saya juga pernah dua kali menegur pengendara di lampu merah. Pertama, saat pagi-pagi sekali dan kedua saat petang.

Yang pertama begini, saat itu masih pagi sekali. Saya berhenti di sebelah sepeda motor. Saya ucapkan salam lalu saya katakan hal tersebut kepada sang pengendara.

‘Bang, minta maaf. Saya mohon abang pakai jaket dengan kemas (kancing). Pernah jadi senior sekolah saya meninggal sebab tersangkut lori semen’.

Pengendara itu pun terkejut dan langsung mengancing jaketnya.

Yang kedua, saat petang, saya pulang kerja. Saya juga melakukan hal yang sama seperti yang pertama. Tetapi pemuda ini malah melihat saya dari atas hingga bawah. Matanya melotot ke arah saya. Malah balasan yang saya dapat adalah ‘Innalillah’.

Pemuda itu pun langsung melaju pergi tanpa melakukan hal apapun dan masih tampak jaketnya berkibar-kibar.

Mohon bantuan ya. Saya doakan kalian yang membaca ini mengerti apa yang saya maksudkan. Semoga kalian dipermudah dalam segala urusan dan pekerjaan.

Zairul Eizam Sayang”

Unggahan Zairul ini pun lantas menjadi viral dan sudah dibagikan lebih dari 19 ribu kali dan menuai 10 ribu komentar. Banyak warganet yang setuju dengan pendapat Zairul.

Unggahan Zairul ini bisa menjadi pengingat untuk banyak orang. Jangan lagi pakai jaket terbalik, bisa berbahaya lho.

Semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati lagi…

sumber : www.wajibbaca.com

Inilah Cara Membasmi Nyamuk dengan Bahan Sederhana dalam Rumah Kita

Nyamuk menjadi musuh utama kita, nyamuk bisa menyebabkan datangnya penyakit, seperti demam berdarah, ataupun malaria. Kondisi ini semakin buruk dimusim hujan, sebab nyamuk lebih cepat berkembang biak karena banyaknya genangan air yang menjadi tempat nyamuk bertelur.

Untuk mengatasi masalah nyamuk ini, banyak sekali yang menggunakan obat nyamuk dengan bahan dasar kimiawi. Diantaranya dengan menggunakan fogging. Memang fogging bisa mengusir nyamuk, namaun jika tidak dilakukan dengan baik maka bisa menyebabkan resisten pada nyamuk. Selain itu, zat kimia yang terdapat pada fogging ini juga berdampak pada kesehatan manusia.

Nah pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi sedikit informasi tentang bagaimana cara mengusir nyamuk dari rumah anda dengan menggunakan bahan alami yang sangat mudah dan praktis untuk dipraktekan.

Air sabun adalah pemeran utama kita di edisi kali ini! Air sabun ini dibuat dengan mencampurkan sabun cuci baju dan irisan-irisan sabun batang ke dalam sebaskom air yang kemudian diaduk rata. Jika air ajaib ini diletakkan di sudut-sudut rumah, teman baik kita ini akan menghilangkan nyamuk-nyamuk yang ada hanya dalam 3 hari. Selain itu jika kita meletakkannya selama 10 hari, air ajaib ini akan mengundang nyamuk-nyamuk yang ada ke dalamnya dan “membunuh” mereka!

Alasan mengapa air sabun ini cukup efektif adalah karena aroma yang dikeluarkan oleh campuran sabun cuci baju dan sabun batang akan mudah mengundang nyamuk untuk bertelur. Namun karena sifatnya yang lebih basa dari air pada umumnya dan telur nyamuk tidak dapat menetas di lingkungan yang basa, air ini akan mengurangi jumlah nyamuk secara signifikan selama beberapa hari pertama. Cara ini sangat mudah dan sederhana, hanya saja kita harus ingat untuk menjauhkannya dari anak kecil dan hewan peliharaan.

Beberapa eksperimen bahkan mengatakan bahwa campuran air sabun ini juga berguna untuk mengusir kecoak. Kita hanya perlu menggambar sebuah garis dengan air sabun ini di tempat-tempat yang sering dilewati oleh kecoak dan ketika perut kecoak menyentuh bekas air ini, mereka akan lari terbirit-birit dan menghilang dalam waktu yang lama.

Selain air sabun, beberapa tips dibawah ini juga efektif untuk mengurangi jumlah nyamuk:

1. Nyamuk senang mendekati pakaian berwarna gelap. Karena itu mengenakan pakaian yang berwarna lebih terang akan cukup membantu dalam menghindari nyamuk.

2. Air yang menggenang di dalam rumah (baik itu bak mandi, bak cuci piring, akuarium, dan lainnya) harus diganti airnya secara berkala.

3. Makan bawang putih dalam jumlah yang cukup dan rasional dipercaya akan membantu mengusir nyamuk karena nyamuk benci dengan aroma bawang putih.

PERLU JUGA ANDA PAHAMI BAHWA, TULISAN INI BUKAN BERARTI KAMI MELARANG ANDA UNTUK MENGGUNAKAN OBAT NYAMUK KIMIAWI. SEMUANYA DIKEMBALIKAN KEPADA ANDA. JIKA ANDA MERASA MENGGUNAKAN OBAT NYAMUK KIMIAWI AMAN AMAN SAJA. YA, LANJUTKAN. NAMUN, BAGI ANDA YANG CENDERUNG MENGGUNAKAN BAHAN BAHAN ALAMIAH, MAKA BEBERAPA CARA MENGUSIR NYAMUK DIATAS ADALAH SOLUSINYA

Semoga bermanfaat, silahkan dicoba… jagalah selalu kebersihan lingkungan tempat tinggal kita..

sumber : www.line6.press

Ini Bahaya Meletakkan Ponsel Di Bawah Bantal Saat Tidur

Smartphone atau ponsel yang hampir setiap saat tidak lepas dari tangan kita ternyata memiliki dampak negatif bagi tubuh. Apalagi jika Anda tidur dengan ponsel di bawah bantal. Dijelaskan dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc (Hons), hal ini ternyata sangat berbahaya. 

Berikut beberapa bahayanya yang mengintai jika Anda meletakkan ponsel di bawah bantal saat tidur.

Mengganggu Tidur

Semua jenis ponsel mengeluarkan radiasi elektromagnetik. Radiasi ini dapat mengganggu dan mengurangi kualitas tidur. Penelitian menunjukkan bahwa pemakaian ponsel sebelum tidur menyebabkan Anda sulit untuk memasuki fase lebih dalam dari tidur. Saat tidur terganggu, kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakaan yang terjadi pada hari itu juga terganggu.

Selain itu, alat elektonik yang berlayar LED menghasilkan blue light. Blue light memiliki efek menekan produksi hormon melatonin (hormon yang membuat mengantuk). Karenanya, menggunakan ponsel sebelum tidur membuat Anda menjadi tidak mengantuk. Apalagi jika menaruh ponsel dekat dengan diri Anda atau bahkan meletakkannya di bawah bantal.

Mengganggu Kesehatan

Penggunaan ponsel juga sudah mulai dihubungkan dengan kanker otak. Meski demikian, banyak penelitian belum dapat membuktikan hubungan kanker otak dan penggunaan ponsel. Penelitian terhadap tikus menemukan tumor hanya pada tikus laki-laki yang diberikan radiasi ponsel. Itupun hanya pada 2-3% dari semua tikus—angka ini masih dikatergorikan rendah dan belum dapat menjadi bukti hubungan ponsel dan kanker otak.

Walaupun hubungan antara ponsel dan kanker otak belum pasti, WHO sudah memberikan peringatan adanya kemungkinan tersebut. Hal ini berlaku terutama pada anak-anak yang tempurung kepalanya lebih tipis daripada orang dewasa, sehingga mereka lebih rentan terhadap radiasi.

Jadi, apa yang harus dilakukan? Ubahlah setelan ponsel menjadi flight mode saat tidur untuk mematikan radiasinya. Apabila Anda harus menerima panggilan yang penting, letakkanlah ponsel satu sampai dua meter dari tempat tidur. Jangan tidur dengan ponsel di bawah bantal. []

 

 

sumber: inspiradata.com

Berdoalah Sedetail Mungkin! Ini Kisah Nyata Berdoa Minta Uang 1 Milyar Di Depan Ka’bah

Doa atau permintaan kepada Allah itu harus jelas dan detail… Kalau tidak jelas berarti ragu dala berdoa. Jelas dan detail berti tahu yang diminta, tahu konsekwensinya. Tahu yang dipikirkan dan dirasakannya.

Alkisah Paimin dan Paijo sering berdoa:
Paimin : “Ya Allah, berikanlah saya kemudahan dalam mencari rezeki, kalau bisa hanya dengan goyang-goyang kaki pun uang sudah datang”

Paijo : “Ya Allah, berikanlah saya kemudahan dalam mencari rezeki, semisal hanya dengan berkipas-kipas pun uang sudah datang”

Singkat cerita, akhirnya setelah beberapa tahun doa mereka pun terkabulkan.

Paimin menjadi penjahit permak jeans dan Paijo menjadi pedagang sate keliling, Nah loh, sudah terkabul kan apa yang mereka inginkan?

Belajar dari kisah Paimin dan Paijo diatas, maka hendaknya kita harus berhati-hati dalam berdoa, jangan asal ngucap yang gak sesuai dengan keinginan hati.

Saya tidak sedang bercanda, bahkan salah satu teman saya yang masih kuliah di Universitas Ummul Qura Makkah pernah menceritakan pengalamannya dengan berdoa sedetail mungkin di depan Ka’bah.

Dia bercerita tentang dirinya sendiri yang kerap berdoa meminta uang 1 milyar di depan Ka’bah dan subhanallah, Allah pun mengabulkannya dari arah yang tak disangka-sangka dalam kurun waktu tak lebih dari satu tahun.

Padahal secara logika tidak mungkin bagi teman saya itu bisa punya uang sampai 1 milyar, Lha wong dia hanya seorang mahasiswa S1 yang beasiswanya hanya 840 Riyal perbulan. Sedangkan nyambi job sebagai pembimbing umroh atau haji hanya jika waktu libur saja. itupun gaji sebagai pembimbing hanya 200 Riyal perhari.

Tapi tak ada yang tak mungkin jika Allah sudah mengabulkan. Entah bagaimana caranya yang pasti tak ada yang bisa menghalangi jika Allah sudah berkehendak.

Suatu ketika ia ditugaskan menjadi pembimbing travel khusus untuk satu keluarga yang kaya raya, keluarga tersebut terdiri dari 1 ibu dan 2 anaknya laki dan perempuan. Ibu yang sudah janda tersebut jatuh sakit sewaktu di tanah suci.

Teman saya dengan ikhlas merawat dan menunggu sampai berhari-hari selama di rumah sakit Zahir Makkah, Singkat cerita ibu tersebut terkesima dengan keikhlasan teman saya dan berniat menjodohkannya dengan anaknya.

Nah dari asbab tersebut Allah mengabulkan doa teman saya, Bukan hanya uang 1 Milyar di rekening miliknya tapi anaknya yang cantik jelita pun sekarang juga menjadi jodohnya, Bahkan satu perusahaan yang bergerak di bidang konveksi milik keluarga ibu itu diserahkan untuknya dan sang istri, Subhanallah.

Berkaca dari pengalaman diatas, hendaknya kita memahami bahwa sebenarnya tidak ada amalan zikir yang dapat membuat doa anda terkabul.

Itu hanyalah sebuah sarana untuk mengesankan alam bawah sadar anda, agar berbekas di alam bawah sadar bahwa anda benar2 menginginkan doa (keinginan) tersebut terkabul. Jangan tertipu, Bila ibadah adalah ekspresi cinta dan ketulusan anda kepada Allah maka hanya kepada Allah dan Allah saja ekspresi ketulusan tersebut seharusnya mengalir.

Sebaliknya bila anda percaya pada sesuatu amalan, maka ekspresi ibadah anda dapat mengalir kepada Amalan tersebut yang dapat berakibat kepada perbuatan syirik.

Dibawah ini adalah beberapa kunci agar doa Anda cepat diijabahi:

KETULUSAN

Doa yang dikabulkan adalah doa yang tulus (Ikhlas). Bukan karena rapalan bacaan2 tertentu. Hal ini disebutkan dalam Al Quran :

…. datanglah angin badai, dan (apabila) gelombang dari segenap penjuru menimpanya, dan mereka yakin bahwa mereka telah terkepung (bahaya), maka mereka berdoa kepada Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya semata-mata. (Mereka berkata): “Sesungguhnya jika Engkau menyelamatkan kami dari bahaya ini, pastilah kami akan termasuk orang-orang yang bersyukur”. (QS ; 10:22 )

Ketulusan andalah yang akan diuji, karena Allah hanya melihat kedalam hati anda. Keinginan yang dikabulkan Allah adalah keinginan terdalam anda. Bukan keinginan yang timbul sembari lalu saja.

Itulah sebabnya mengapa Doa yang diucapkan sembari lalu saja tidak terkabul. Anda harus benar2 jujur pada diri anda, tanya kepada diri anda sendiri :” what do you really really really really want ? (apakah yang anda sangat sangat sangat sangat inginkan).

Setiap orang pasti memiliki keinginan yang berbeda : ada yang ingin sukses kuliah, ada yang ingin menjadi seniman, ada yang ingin menjadi orang terkenal, ada yang ingin menjadi orang kaya dan sukses.

Jika anda ingin menjadi orang sukses, anda ingin sukses dibidang apa? Ada yang ingin sukses berkarir di bidang Property, ada yang ingin sukses di bidang politik, ada yang ingin sukses berdagang, dll.

Tidak ada yang salah bila anda menginginkan materi atau kenikmatan duniawi, sama sekali tidak ada yang salah dengan itu. Sejak kecil saya selalu dididik kalau berdoa itu adalah mendoakan orang tua, mendoakan kebaikan dunia-akhirat dan lain- lain semacamnya.

Tidak ada yang salah dengan mendoakan kedua orang tua kita, juga tidak ada yang salah mendoakan untuk kebaikan dunia akhirat, Namun saya sebenarnya juga menginginkan mobil seharga 3,8 M bagaimana? Haruskah saya pendam keinginan itu?

Tak heran mengapa ada jutaan doa yang tidak terkabul selama ini. Karena selama ini mereka tak pernah berdoa tentang keinginan terdalam mereka, itu artinya sama saja mereka membohongi diri mereka sendiri.

Itu artinya, selama ini bertahun2 saya juga telah membohongi diri saya sendiri, pantas saja Doa saya tidak terkabul! Ayat yang saya kutip diatas Surat Yunus ayat 22 : mengambil cuplikan Doa dari situasi penumpang sebuah kapal yang sedang terkena badai. Bila anda didalam sebuah kapal yang terkena badai maka pastilah anda berdoa minta keselamatan agar bisa selamat dari badai tersebut. Pantaskah anda membohongi diri anda sendiri dengan berdoa meminta selain itu di tengah Badai?

Bila ada kaum Fakir miskin yang serba kekurangan, maka obatnya adalah kekayaan. Maka sudah sepantasnya bila keinginan terdalamnya adalah ia menjadi kaya, ia ingin diangkat taraf hidupnya menjadi lebih baik. Pantaskah ia membohongi dirinya sendiri dengan meminta hal yang lain selain itu?

Tolong jangan salah menafsirkan saya. Intinya adalah bila anda ingin doa anda terkabul, anda harus jujur pada diri anda sendiri. Apa keinginan anda yang terdalam? Walaupun kedengarannya anda serakah, walaupun kelihatannya anda serakah bila anda menginginkan mobil 3,8 Milyar maka lakukan! Do it !

Jangan ingkari keinginan terdalam anda… mintalah kepada Allah apapun yang anda inginkan dari keinginan terdalam anda.

Ketulusan anda akan diuji oleh Allah dengan kegigihan anda terhadap keinginan terdalam anda. Anda harus gigih memancarkan keinginan terdalam dari batin anda. Bila anda menginginkan mobil mewah 3,8 M, tahan terus keinginan tersebut di benak anda dan jangan sekali2 anda lepaskan.

Ulangi terus doa anda rutin terus menerus. Asumsikan dalam diri anda bahwa anda tinggal menunggu mobil itu datang. Dan ia akan datang. Kekuatan doa adalah kekuatan dari Allah Tuhan Semesta Alam, kekuatan ini tidak mengenal kompromi.

Apapun yang anda inginkan, yang perlu anda lakukan hanya meminta dan itu akan terjadi. Terkabulnya doa seperti terkabulnya sihir, tapi apalah artinya kekuatan sihir dibanding kekuatan yang datang dari Allah penguasa semesta alam? Apakah anda percaya? Impian anda yang terliar, apapun itu bisa terkabul dengan izin Allah.

Sangat menggelikan bila di zaman sekarang ada orang yang pergi ke dukun dan paranormal sementara mereka tinggal minta kepada Allah sebenarnya bisa dikabulkan. Itu adalah karena mereka tidak tahu.

Kekuatan Doa anda adalah kekuatan suporanatural yang tertinggi. Sebagian orang ingin punya ilmu terbang, ilmu kebal, berjalan diatas air, dll. Ilmu terbang dan bisa berjalan diatas air adalah untuk pemain sirkus. Untuk apa anda ingin bisa terbang? apakah anda ingin menjadi pemain sirkus? semua ilmu2 itu tidak ada apa2nya dibanding terkabulnya Doa yang bermanfaat.

NATURAL (ALAMI)

Keinginan anda akan terkabul dengan cara yang alami. Mobil 3,8 M yang anda inginkan tidak akan turun dari langit atau semacam adegan dalam sirkus. Tapi ia akan datang kepada anda dengan cara yang Natural (Alami).

Sesungguhnya kekuatan doa anda adalah kekuatan Supernatural, tapi prosesnya melalui cara yang Natural. Orang2 disekitar anda akan melihat hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar. Dalam pandangan mereka, Normal2 saja bila anda mendapatkan hal tersebut. Tetapi ia akan mengherankan anda, datangnya dari arah yang tak disangka2 atau bisa dibilang aneh dan tak bisa dinalar dengan logika. Ia bisa datang dari hadiah atau pemberian orang lain.

Atau suatu kali anda bisa mendapatkan uang yang banyak sehingga bisa membeli mobil tersebut. Pokoknya pada akhirnya mobil tersebut akan sampai ke tangan anda, seperti seolah2 alam bersekongkol untuk mengantarkan mobil tersebut kepada anda.

BE STILL (DIAM)

Yang dimaksud dengan diam adalah maksudnya bukan berati kalau sudah berdoa lantas anda diam saja tidak melakukan apa2. Tapi, segala sesuatunya berada dalam keadaan tetap. Bila anda adalah seorang pedagang dengan omset 500 juta perbulan dan anda ingin omset anda mencapai 1 M perbulan. Maka anda cukup BE STILL ( DIAM ) , anda berdoa lalu anda tidak usah memikirkan bagaimana caranya untuk mencapai omset 1 M tersebut. Yang dimaksud diam adalah semuanya berada pada keadaan tetap : Anda tetap bekerja seperti biasanya, tetap beribadah dan terus berdoa sampai terkabul.

Konsep ini sangat berbeda dengan ungkapan umum yang biasa kita kenal sekarang : “Berusaha sambil berdoa”. Bila anda masih berpikir berusaha sambil berdoa”, anda masih mengharapkan hasil dari ikhtiar anda. Sedangkan supaya doa anda terkabul anda membutuhkan keyakinan ABSOLUT. Keyakinan mutlak kalau doa anda terkabul langsung dari Allah, bukan dari ikhtiar anda. Pada saat anda mulai berpikir memikirkan bagaimana caranya mencapai omset 1 M setelah anda berdoa, maka disitu timbul kontradiksi terhadap keyakinan ABSOLUT anda.

Yang dapat mengakibatkan doa anda menjadi tidak terkabul atau ia menjadi terdorong ke belakang menjauh sehingga menjadi tertunda untuk terkabul. bagaimana caranya ia menjadi terkabul itu adalah urusan Allah bagaimana caranya, percayakan saja kepada Allah ia akan terkabul maka ia menjadi terwujud!

WAKTU MUSTAJAB

Sedangkan waktu yang terbaik untuk menyampaikan Doa adalah di tengah malam atau di sepertiga malam usai menjalankan Sholat Tahajud. Saat bangun di sepertiga malam, pikiran anda sedang setengah mengantuk, suatu kondisi yang sangat ideal untuk menyampaikan doa. Pikiran anda juga sedang kosong saat bangun di tengah malam, sehingga pikiran anda akan menjadi sangat focus pada Sholat dan Doa Anda.

Ini adalah Rahasia Tahajud yang saya Singkapkan kepada Anda

Sebagaimana yang pernah diungkapkan oleh Rasulullah SAW :

“Tuhan kita Yang Maha Suci lagi Maha Luhur setiap malam turun ke langit dunia ketika malam tinggal sepertiga terakhir. Dia berfirman, ‘Barang siapa yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan kabulkan permohonannya. Dan barang siapa yang memohon ampunan kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya.’” (HR. Muslim, 1261)

Maksud sebenarnya hadis tersebut adalah bukan Allah yang turun ke dunia secara harfiah. Tetapi posisi Alam bawah sadar anda yang sedang dekat dengan alam sadar anda yang digambarkan oleh Rasululullah betapa dekatnya seolah2 Allah seperti turun ke dunia untuk mengabulkan Doa2. Mungkin karena di zamannya Nabi istilah alam bawah sadar belum dikenal, sehingga sulit tentunya menjelaskan istilah Alam Bawah Sadar kepada masyarakat Arab di abad pertengahan. Atau Nabi memilih penyampaian dengan cara yang ekspresif seperti itu. Wallahu A’lam.

MENJAGA DARI YANG HARAM

Jagalah diri anda dari yang haram karena itu bisa menghalangi terkabulnya doa. Termasuk yang sulit adalah menjaga pandangan mata dari aurat wanita. karena dimana2 sekarang banyak wanita yang pakaiannya minim, termasuk di TV , media massa dan lain2.

Saya rasakan ini dari pengalaman pribadi langsung, bila pandangan mata dapat menghalangi terkabulnya doa walaupun ini dosa kecil tetapi mudharatnya sangat besar bila menghalangi terkabulnya doa.

Termasuk juga riba dan perbuatan judi. Tapi judi di jaman sekarang muncul dalam berbagai bentuk kemasan dan label seperti kegiatan spekulasi mata uang atau Forex, Option , saham, dll. Introspeksi juga diri anda, adakah hak2 orang lain yang belum anda tunaikan? karena itu juga dapat menghalangi terkabulnya doa.

MENJAGA HATI

Yang dimaksud dengan hati adalah termasuk pikiran, karena sebenarnya suara hati kita adalah pikiran kita juga. Pikiran negatif anda dapat menghalangi terkabulnya doa. Menjaga hati adalah yang paling sulit. yang pertama anda harus menjaga hati dan pikiran anda dari keragu2an. Anda harus memiliki keyakinan ABSOLUT bahwa Allah akan mengabulkan Doa anda dan itu pasti terkabul.

Yang kedua, jagalah hati dari pikiran negatif. Anda tidak boleh memiliki pikiran negatif kepada orang lain. Sama sekali tidak boleh ! bagaimana mungkin bila anda menghendaki kebaikan ( positif ) datang kepada anda dari Allah, sementara anda memikirkan keburukan ( negatif ) kepada orang lain. Hal tersebut menimbulkan kontradiksi.

1) Jangan membenci, maafkan orang yang anda benci. Doakan ia spy berubah. Atau alihkan perhatian anda spy suasana hati anda selalu berada dalam kondisi yang baik ( positif ). Atau jauhilah orang tersebut, jangan bertemu dia lagi spy tidak terfokus kepada perasaan negatif tersebut.

2) Tidak boleh berprasangka buruk. Harus selalu berprasangka baik.

3) Perasaan ( hati ) anda harus selalu berada dalam suasana yang baik ( positif ).

4) Fokuskan diri anda kepada hal2 yang positif.

5) Banyak2 bersyukur. Lihat ke sekelililing anda, perhatikan begitu banyak hal yang dapat anda syukuri kepada Allah. Sebaliknya, anda juga tidak boleh mengeluh atau menggerutu.

6) Tidak boleh mencari tanda2, anda tidak boleh mencari tanda2 atau seperti selalu menerka2 kapan doa anda bakalan terkabul. Anda harus mempercayakan sepenuhnya kepada Allah bahwa itu akan terkabul. Supaya tidak selalu kepikiran terus, lebih baik setelah berdoa anda lupakan saja keinginan dalam doa anda tersebut dengan cara mengalihkan pikiran anda kepada hal lain yang positif.

7) Bersabar, Anda harus bersabar dan menyadari bahwa proses terwujudnya Doa anda membutuhkan waktu.

DETAIL

Anda harus mampu memberikan gambaran sedetail mungkin dalam doa anda terhadap apa yang anda inginkan. Banyak doa saya yang terkabul, banyak juga doa saya yang belum terkabul.

Tetapi, ketika itu datang saya akan langsung tahu bila ia datangnya dari Allah, karena ciri2 atau detailnya yang datang kepada saya persis atau mirip seperti apa yang saya minta. Kalau anda minta rumah ; rumah seperti apakah yang anda inginkan? Apakah ada alamatnya? berapa harganya? berapa kamar? dan lain2.

RAHMAT ALLAH

Ingatlah bila hubungan anda dengan Allah adalah hubungan yang berlangsung 2 arah. Anda mengekspresikan cinta dan ketulusan anda kepada Allah. Allah membalas ekspresi ketulusan anda dengan mengabulkan doa anda. Bila doa anda terkabul, ingatlah untuk bersyukur kepadanya. Doa anda yang terkabul akan menjadi suatu bukti terhadap kehadiran Allah kepada anda.

Bila sebelumnya selama ini anda hanya tahu Allah dari kitab suci atau ceramah2 agama, anda akan mengalami langsung bukti2 rahmat Allah terhadap anda. Ia akan menjadi pengalaman spiritual anda. Maka saat itu anda akan merasakan kelezatan beribadah yang tidak pernah anda rasakan sebelumnya.

Mungkin sebelumnya, anda lakukan Sholat 5 waktu karena itu hal yang wajib. Namun setelah anda merasakan balasan cinta dari Allah motivasi ibadah anda akan berubah dari sekedar memenuhi kewajiban menjadi selalu mengharapkan balasan cintaNYA.

 

sumber: info.kajianislami.net