Kelor Bikin Heboh Amerika dan Disebut Pohon Ajaib, Seberapa Ajaibkah Tanaman Ini?

Kelor Bikin Heboh Amerika dan Disebut Pohon Ajaib, Seberapa Ajaibkah Tanaman Ini?

Sering kali kita mendengar ungkapan “dunia tidak selebar daun kelor”.  Memangnya seberapa lebarnya sih daun kelor itu?

Kita juga sering mendengar bahwa daun kelor dijadikan sebagai “alat” untuk “mematikan” orang yang mempunyai “kesaktian”. The Gurdian, dalam laporannya pada Minggu (7/1) kemarin, menyebut tanaman ini sebagai “miracle tree” alias “pohon ajaib”.

“(Pohon kelor) seluruh bagiannya bisa dimakan, mulai dari akar sampai kulit kayunya, tumbuh dengan cepat dan tahan kekeringan, dengan benih yang dapat menjernihkan air, ini adalah sumber berharga di banyak tempat, yang oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB disebut sebagai ‘hasil panen bulan ini’,” tulisnya.

Seperti apa sih tanaman kelor, mungkin di antara kita banyak yang belum mengenalnya. Tanaman bernama latin Moringa oleifera ini tergolong tanaman tahunan yang biasanya tumbuh liar.

Tumbuhan ini diduga asli dari kawasan barat pegunungan Himalaya dan India, kemudian menyebar hingga ke Benua Afrika dan Asia-Barat.

Di Jawa, kelor biasa tumbuh sampai pada ketinggian 300 m di atas permukaan laut. Tanaman ini sanggup tumbuh di kawasan tropik yang lembap juga di daerah panas, bahkan tanah kering, karena tidak rakus “makan” pupuk (unsur hara).

Karenanya, kelor cocok sebagai tanaman “pioner” untuk penghijauan dan pemulihan tanah gersang. Di lahan kebun, tanaman kelor biasa digunakan sebagai pagar hidup. Sosok batang pokoknya tidak lurus betul, melainkan sedikit membengkok dan bercabang, dan ini bermanfaat sebagai pohon pendukung untuk tanaman merambat, seperti sirih atau lada.

Cara menanamnya sangat mudah, hanya dengan menancapkan setekan batang atau menyemai bijinya yang sudah tua, akan tumbuh tanaman baru. Kelor tergolong cepat besar alias bongsor. Tingginya bisa mencapai 3 m. Bila dibiarkan bisa mencapai 8 – 12 m.

Tanaman Multifungsi
Hampir setiap bagian dari tanaman kelor dapat dimanfaatkan, termasuk akarnya. Bisa sebagai bahan kertas, bahan kosmetik, bahan minyak pelumas, obat tradisional, dan sebagai sumber pangan.

Bunga kelor pun dapat dimasak, selain menyediakan nektar bagi lebah madu. Di masyarakat kita, daun, bunga, dan buah kelor muda biasanya dimasak sayur bobor atau sayur bening. Rasanya? Sedap, meski ada sedikit rasa pahitnya.

Di India, buah kelor dimasak kari dan diawetkan dalam kaleng untuk dijual di supermarket. Menurut laporan Michael D. Benge, dari Badan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi AS, di Washington DC, tahun 1987, daun kelor memiliki kadar vitamin A dan C yang cukup tinggi.

Selain itu, daun kelor juga dikenal kaya kalsium (Ca) dan zat besi (Fe). Juga sumber fosfor yang baik. Buah mudanya berkadar air tinggi dan kandungan proteinnya tinggi.

Meskipun daun kelor mengandung zat besi tingkat tinggi, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Federation of American Societies for Experimental Biology menemukan bahwa bioavailabilitasnya (jumlah yang memasuki sirkulasi tubuh) sangat rendah.

Sebenarnya, kandungan asam phytic-nya “nampaknya sangat menghambat penyerapan zat besi yang ada pada komponen makanan lainnya”. Dari jurnal tersebut juga dikatakan bahwa kualitas anti-inflamasi dari ekstrak daun kelor, mungkin lebih manjur daripada madu dan kunyit.

Biji buahnya yang tua dan kering menyimpan kadar minyak (lemak) nabati 25 – 40%. Komposisi asam lemaknya meliputi, asam oleat, asam linoleat, asam eiokosanoat, asam palmitat, asam stearat, asam arakhidat, dan lainnya.

Kalau daun dan buah mudanya dapat langsung disayur, biji kelor tua bisa untuk bahan baku pembuatan obat dan kosmetika. Minyak pelumas yang digunakan oleh tukang arloji pun bisa diproduksi dari biji  kelor.

Bukan hal baru bila daun kelor dimanfaatkan sebagai tanaman obat, seperti berikut ini pemanfaatannya.

  1. Mempercepat penyembuhan luka. Daun kelor ditumbuk halus lalu ditorehkan pada luka. Ini karena kelor mengandung semacam zat antibiotik.
  2. Penurun panas akibat demam. Daun kelor ditumbuh lalu digunakan sebagai obat kompres.
  3. Obat beri-beri dan bengkak. Daun kelor dicampur bersama kulit akar pepaya, kemudian dihaluskan, digunakan seabgai obat luar (bobok).
  4. Obat kulit. Daun kelor ditambah kapur sirih, bisa untuk penyakit kurap dan sejenisnya.
  5. Air rebusan akarnya konon ampuh untuk obat rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, hingga obat kencing nanah. Juga pengobatan malaria, mengurangi rasa sakit, dan menurunkan tekanan darah tinggi.
  6. Daun kelor juga bisa dipakai untuk penurun tekanan darah tinggi, diare, kencing manis, dan penyakit jantung.
  7. Sakit kepala dan rematik. Akar kelor secukupnya dicampur dengan air, kemudian ditumbuk hingga berbentuk pasa. Oleskan pada pelipis dan belakang telinga. Pada penderita rematik, oleskan pasta tersebut pada bagian yang terasa nyeri. Diborehkan 3x sehari.

Malahan, kalangan masyarakat tertentu memanfaatkan daun kelor untuk mengobati mata ayam yang terluka sehabis bertarung. Satu-dua tetes getah kelor untuk mempercepat penyembuhan lukanya. Bahkan, mata kambing yang belekan dan rabun pun bisa normal setelah ditetesi getah kelor yang berwarna kuning itu.

Menjernihkan Air
Seperti pernah dipublikasikan New Scientist (Desember 1983), biji kelor digunakan untuk menjernihkan air sungai keruh berlumpur di Sudan dan Peru. Biji kelor juga memiliki kemampuan antibakteri.

Bahkan Jurusan Teknik Lingkungan ITB dan Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman di Samarinda pun menggunakannya untuk menjernihkan air permukaan (sungai, danau, kolam). Biji kelor juga dimanfaatkan sebagai bahan koagulan (bioflokulan) dalam proses pengolahan limbah cair pabrik tekstil.

Biji kelor ini mengandung zat aktif rhamnosyloxy-benzilisothiocyanate, yang mampu mengabsorbsi dan menetralisir partikel-partikel lumpur serta logam dalam air limbah atau air keruh.

Sekalipun air keruh kecokelatan penuh partikel lumpur bisa menjadi jernih dan layak dikonsumsi berkat biji kelor. Meski aroma khas kelor masih terasa. Namun, dengan menambahkan butiran arang (sebaiknya dibungkus kain supaya tidak bertebaran) ke dalam bak penampungan air akan menyerap aroma langu kelor.

Menangkal Black Magic
Di sebagian kalangan masyarakat di Jawa, tanaman kelor sering digunakan sebagai campuran air untuk memandikan jenazah. Ini dimaksudkan untuk membuang ajimat yang masih melekat pada jasadnya.

Manfaat lain dari tanaman kelor, masih menurut kepercayaan tertentu, bisa sebagai penangkal kekuatan magis, ilmu hitam atau guna-guna, serta ajimat kesaktian. Caranya, cukup dengan mengibas-ibaskan setangkau daun kelor ke bagian muka korban. Atau air rendaman kelor disiramkan ke sekujur tubuhnya.

Konon, bersama bahan-bahan lain, seperti pala, bawang merah, bawang putih, dan lainnya, kelor bisa dibuat bedak pupuk untuk sarana mengobati orang kurang waras. Termasuk orang yang kesurupan akan kembali “waras”. Tidak percaya?

Boleh-boleh saja….

 

Sadarilah Wahai Suami, Uangmu Milik Istrimu Tapi Uang Istrimu Bukan Milikmu

Dalam berumah tangga, seorang suami berkewajiban untuk menafkahi keluarganya. Sehingga merupakan hal yang lumrah bila suami lebih banyak yang bekerja bila dibandingkan dengan wanita. Walau demikian, tak tutup kemungkinan bila seorang wanita juga bekerja serta bahkan jadi tulang punggung keluarga.

Idealnya seorang suami serta istri saling bahu membahu penuhi kebutuhan rumah tangga. Apabila suami memberikan nafkah, jadi sang istri yang mengatur keuangan.

Tetapi, terkadang nafkah yang diberikan oleh suami tidak cukup untuk penuhi kebutuhan hidup sehari-hari hingga akhirnya sang istri turut bekerja untuk membantu suami. Begitu, sang istri bakal memiliki penghasilannya sendiri.

Lalu, bagaimanakah hukum penghasilan istri? Berhakkah seorang suami untuk mengambil upah istrinya? Serta, wajibkah istri memberi sebagian penghasilannya untuk penuhi kebutuhan rumah tangganya? berikut ulasan selengkapnya.

Berdasarkan fatwa ulama, disepakati kalau bila pendapatan atau upah suami yang juga jadi hak untuk istrinya, jadi tidak sama perihal dengan upah istri dari pekerjaan yang dilakukannya yaitu punya istri serta tak ada hak untuk suaminya sedikitpun.

Kecuali bila sang istri dengan ikhlas memberikannya untuk membantu atau menopang keuangan keluarga. Jika seorang suami memakan harta punya istri tanpa ada sepengetahuannya, jadi bisa dikatakan kalau ia berdosa. Seperti firman Allah Ta’ala

“Janganlah mengonsumsi harta orang lain di antara kalian dengan cara batil” (QS. An-Nisa : 83)

Waktu seorang ajukan pertanyaan pada Syaikh ‘abdullah bin ‘Abdur Rahman al-Jibrin mengenai hukum suami yang mengambil duit punya istrinya untuk lalu dipadukan dengan uangnya.

Jadi Syaikh al-Jibrin menyampaikan kalau tak disangsikan lagi kalau istri lebih memiliki hak dengan mahar serta harta yang ia punyai, baik lewat usaha yang dikerjakannya, warisan, hibah serta harta yang ia punyai.

Jadi itu adalah hartanya serta jadi kepunyaannya. Hingga dialah yang paling memiliki hak untuk lakukan apa sajakah dengan hartanya itu tidak ada campur tangan dari pihak yang lain.

Seseorang wanita memiliki hak untuk keluarkan hartanya untuk kebutuhannya atau untuk sedekah, tanpa ada mesti memohon izin pada suaminya. Serta di antara dalilnya yaitu hadist dari Jabir kalau Rasulullah SAW berceramah dihadapan jamaah wanita, beliau berkata

“Wahai beberapa wanita, perbanyaklah sedekah, sebab saya lihat kalian adalah sebagian besar penghuni neraka. ” Hingga, beberapa wanita itupun berlomba menyedekahkan perhiasan mereka serta mereka melemparkannya di baju Bilal (HR. Muslim)

Hingga, jika seseorang istri menginginkan bersedekah, jadi orang yang paling penting memiliki hak terima sedekahnya itu yaitu suaminya sendiri serta bukanlah orang lain. Seperti dijelaskan dalam satu hadist dari Abu Sa’id ra.

“Dari Abu Sa’id al Khudri ra berkata kalau, “Zainab, istri Ibnu Mas’ud datang memohon izin untuk berjumpa Rasulullah. Beliau ajukan pertanyaan, “Zainab yang mana? ”.

Lalu ada yang menjawab, “Istrinya Ibnus Mas’ud.”

Serta Rasulullah menyampaikan, “baik, izinkanlah dirinya”.

Jadi zainab juga berkata, “Wahai nabi Allah, Hari ini engkau memerintahkan untuk bersedekah. Sedang saya mempunyai perhiasan serta menginginkan bersedekah. Tetapi, Ibnu Mas’ud menyampaikan kalau dianya serta anaknya lebih memiliki hak terima sedekahku.”

Lalu Rasulullah bersabda, “Ibnu Mas’ud berkata benar. Suami serta anakmu lebih memiliki hak terima sedekahmu.” (HR. Imam Bukhari)

Bahkan juga, dalan hadist yang lain dijelaskan kalau Rasulullah berkata kalau, “Benar, ia memperoleh dua pahala yakni pahala merajut tali kekerabatan serta pahala sedekah.

Tentang hadist di atas, Syaikh Abdul Qadir bin Syaibah al Hamd menyampaikan kalau pelajaran yang dapat di ambil yaitu :

  1. Seseorang wanita diijinkan untuk bersedekah pada suaminya yang miskin.
  2. Suami adalah orang yang paling penting untuk terima sedekah dari istrinya dibanding orang lain.
  3. Istri diijinkan untuk bersedekah pada anak-anaknya serta kaumkerabatnya yg tidak jadi tanggungannya.
  4. Sedekah istri yang sekian adalah bentuk sedekah yang paling penting.

Sekianlah penjelasan tentang pendapatan istri. Hingga dapat disebutkan kalau pepatah yang menyampaikan “uang suami yaitu punya istrinya, sedang duit istri yaitu punya istri” tidaklah satu kalimat kosong tanpa ada arti. Sebab, semua telah diterangkan dalam Islam kalau hal itu benar ada.

Dengan hal tersebut, mudah-mudahan beberapa suami dapat adil memperlakukan pendapatan istri dengan tak mengambil harta istri tanpa ada keridhoannya. Serta telah semestinya seseorang istri berlaku bijak bila mempunyai harta atau pendapatan melebihi suami.

Detik-Detik Kecelakaan Maut Sepasang Kekasih di Kediri, Diseret Sembari Ucap Syahadat

Kekasih diseret sembari menangis penyesalan

Kesalahan ada pada kedua pasangan, yang berkendara dengan bercanda akhirnya menerobos lampu merah, video detik-detik sang pria menyelamatkan kekasihnya ini pun viral, sepertinya dalam video sang kekasih sudah meninggal, sang pria juga membantu mengucapkan syahadat. Jangan 

Sebuah video detik-detik pasca terjadinya kecelakaan maut beredar viral di media sosial.

Seperti terlihat pada unggahan akun Facebook Tya Putri Ragiel pada Minggu (18/2/2018).

“Tragedi kediri (emoji) dengerin pakai handsfree apa yg di katakan si cwok (emoji) kalian di manapun berada klo naek sepeda pelan” ajahhh….perhatikan rambu….utamakan pakai helm…..,” tulis Tya.

Unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 30 ribu kali.

Pada video terlihat seorang pria menyeret tubuh wanita yang diduga kekasihnya dari tengah jalan ke pinggir.

Tubuh wanita yang diduga meninggal di tempat itu lunglai dan bersimbah darah.

Tampak sang pria menangis sambil terus memeluk tubuh kekasihnya.

Menurut informasi dari akun Facebook Afifah, tabrakan maut diduga akibat kelalaian pengendara motor.

Berawal ketika pasangan pria dan wanita yang berboncengan mengendarai motor Yamaha V-Ixion berada di lampu merah diduga daerah dekat Terminal Tosaren Kediri, sambil bercanda.

Saat lampu merah belum berakhir, si pengendara menerobos rambu masih tetap sambil bercanda.

Namun nahas dari arah berlawanan melaju truk kontainer hingga tabrakan pun tak dapat terhindarkan.

Si wanita tewas di tempat usai kepala dan tangannya terlindas truk kontainer, sementara si pria tak mendapat luka berarti.

Warga yang menyaksikan pun tak dapat berbuat banyak karena memang korban telah meninggal dunia.

Beberapa saat kemudian polisi datang dan segera mengevakuasi korban ke rumah sakit.

Jangan sia-siakan orang yang kau sayang karena kelalainmu, jika sudah terjadi hanya penyesalan yang akan selalu menghantuimu.

 

Sumber: wajibbaca.com

 

Viral Undangan Pernikahan Super Minimalis, Netter Salut Manfaatnya Bisa Dirasakan Langsung

Pernikahan merupakan momen spesial bagi seseorang.

Karena hanya terjadi sekali seumur hidup, banyak orang yang berusaha membuat konsep pernikahan mereka berkesan, tak terkecuali undangan.

Banyak orang rela mengeluarkan budget banyak, hanya demi sebuah undangan yang unik atau istimewa.

Undangan yang unik dan menarik akan menarik kesan tersendiri bagi si penerima.

Tapi tak bisa dipungkiri bahwa pada akhirnya banyak undangan mewah itu tergeletak di tempat sampah.

Bagi sejumlah orang, undangan unik ataupun mewah ternyata tak terlalu dipikirkan.

Yang penting, pesan dalam undangan itu sampai kepada penerima.

Nah, baru-baru ini sebuah undangan super minimalis menjadi viral di media sosial.

Foto undangan tersebut awalnya diunggah akun Twitter @lalasati pada Kamis (15/2/2018).

Unggahan itu memperlihatkan sebuah undangan yang bisa dibilang sangat jarang ditemui, terlebih masyarakat perkotaan.

Undangan itu hanya berupa secarik kertas yang ditempelkan pada bungkus kopi.

“FENOMENA UNDANGAN NIKAHAN ORANG DESA SINI PAKAI KOPI SACHET CUMA DIJEPRET GINI DOANG. WARBIYASAK. SANGAT USEFUL,” tulisnya.

Tak disebutkan dimana lokasi undangan tersebut, namun sejumlah netizen menceritakan budaya undangan ‘tempel’ itu juga terjadi di berbagai tempat.

“Di Semarang udah lama kek gitu. Bedanya, kertas undang secuil ditempelin ke tango, slai olai, ricis, dkk, pake isolasi,” tulis pemilik akun @@bgsstrh.

“Kemaren pas PKL juga nemu yg kayak gini, bedanya mereka pake permen :),” tulis akun @in_nii

Ada juga yang menceritakan hal serupa di lingkungan pabrik.

“Kalo di lingkungan pabrik mah udh banyak bgt, malah design nya ada yg macem2. Mulai dr kayak SIM, Halaman depan FB, etc.,” tulis akun @Josuaiueo.

Postingan itupun mendapat tanggapan positif dari warganet.

Mereka salut, meski sangat sederhana namun undangan seperti itu justru manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh si penerima.

Bagaimana menurutmu? Mau coba?


5 Undangan Pernikahan Unik yang Sempat Viral

Lima desain undangan pernikahan ini bisa dibilang memiliki kreativitas tingkat dewa.

Mulai dari undangan berbentuk seperti laman Facebook hingga selebaran orang yang menjadi buronan.

Jadi tidak ada salahnya kalau kamu mau mencoba membuat undangan seperti di bawah ini atau membuat yang lebih anti mainstream lagi.

Berikut ini lima undangan pernikahan kocak penuh kearifan lokal yang dijamin hanya ada di Indonesia.

1. Facebook

Mungkin yang mau nikah memang aktivis Facebook kali ya.

2. SIM

SIM biasanya kepanjangan dari Surat Izin Mengemudi, tapi kali ini diartikan sebagai Surat Izin Menikah.

Tak mengubah desain SIM sama sekali, hanya diganti dengan logo dan tulisan undangan pernikahan.

3. KTP

Hampir mirip dengan undangan bentuk SIM, KTP juga diplesetkan menjadi Kartu Tanda Pernikahan.

Sama persis dengan desain KTP pada umumnya, hanya saja tulisannya yang disesuikan.

4. Kartu Seluler

Jangan-jangan yang membuat undangan ini kerja jadi penjaga konter.

Saking seringnya lihat kartu operator jadi kepikiran bikin desain mirip salah satu operator telpon ternama.

5. Selebaran Buronan

Benar-benar kreatif yang ini. Di mana hampir semua orang ingin membuat indah undangannya.

Ini malah membuatnya selucu ini.

 

Kamu suka yang mana? (*)

 

Sumber: tribunnews.com

 

Cerita Merinding Penjaga Makam, yang Melihat Sosok Wanita Cantik Berkerudung di Makam Emah

Sosok cantik di makam korban pembunuhan Semarang

Baru-baru ini pembunuhan sadis yang dilakukan oleh suami, pada istrinya dan dua anaknya sendiri menjadi sorotan banyak netizen, tapi ada yang aneh ujar penjaga makam, seusai korban pembunuhan dimakamkan, ada sosok wanita cantik berkerudung, dan mengatakan hal ini pada penjaga.

“Saya melihat seorang berparas cantik tinggi dan berjilbab menggunakan pakaian putih bersih, sendirian berdiri di makam Emah dan Nova,” ujar Ali (59), penjaga kubur TPU Radar, Tangerang, Banten.

Setelah semua keluarga, awak media, dan kerabat pergi meninggalkan makam, Ali melihat seseorang berdiri sendirian di sana.

“Biasanya kan orang melayat menggunakan serba hitam sepengalaman saya,” ujar Ali, Rabu (14/2/2018).

Ali mencoba untuk mendekati wanita bertumbuh tinggi itu.

Dilihat dari dekat wajah wanita itu cantik dan bersih.

“Mungkin umurnya sekira 30-an mas,” tambahnya.

Saat ditanya oleh Ali mengenai kedekatan dengan dua korban itu, wanita itu hanya mengangguk dan memberikan salam.

“Assalamualaikum Pak,” ujar wanita itu sambil mengangguk ke Ali.

Ali yang  tidak menaruh curiga pada wanita itu segera meninggalkannya karena ingin makan siang.

Sontak Ali mengingat mengenai ajaran agamanya.

Mengatakan bahwa tujuh langkah dari orang terakhir yang menguburkan akan muncul sosok di makam.

Jika sosok itu terlihat kusam maka jenazah memiliki dosa besar dan banyak.

“Bila sosok itu wangi, bersih, dan tampan atau cantik maka Insya Allah jenazah khuznul khotimah,” ujar Ali.

Selesai makan siang, Ali penasaran ingin menengok ke makam Emah dan putrinya.

Sosok semampai itu sudah tidak ada.

Padahal Ali hanya makan selama 15 menit.

“Tidak ada yang tahu, kita doakan saja kedua korban pembunuhan tersebut,” ucap Ali sambil mengelus dada.

Firasat

Tuti, mantan karyawan Emah merasakan hal aneh sebelum pembunuhan sadis terjadi.

Satu minggu sebelum pembunuhan keji yang dilakukan suami Emah, Muktar Efendi alias Abi alias Aki, Tuti mulai kembali menghubungi mantan bosnya.

“Dari semingguan ini saya ingin sekali WhatsApp Emah,” kata Tuti kepada TribunJakarta.com di Pasar Kebon Besar.

Ia sempat malu mengirimkan pesan kepada Emah lantaran tidak bekerja lagi dengannya.

Akhirnya, pada Sabtu (10/2/2018), Tuti menghampiri Emah yang sedang berada kios.

“Jarang-jarang saya menghampiri Ayu Ting Ting (Emah) ketika sudah tidak bekerja untuk dia,” cerita dia.

Tuti menceritakan mengenai gajinya di tempat yang baru dengan saat bekerja untuk Emah.

Obrolan Tuti dan Emah penuh suasana canda dan tawa, kios pun menjadi semakin ramai.

Lain halnya cerita mantan karyawan Emah yang lain, Yanti.

Yanti sudah bekerja selama empat bulan dengan majikannya, Emah.(*)

“Emah hanya setengah jam mengunjungi toko,” ujar Yanti.

Selama setengah jam tersebut, Yanti dan Emah bercerita banyak hal, terkait pekerjaan, dan lain lain.

Yanti juga mengeluhkan kondisi handphone-nya yang jadul, cepat rusak, dan kalau ditelepon tidak ada suaranya.

Emah menanggapi keluhan Yanti dan berjanji akan memberikannya gaji keesokan hari untuk membeli handphone baru.

Tapi janji itu tak benar-benar terlaksana.

Selama empat bulan bekerja Yanti sama sekali tidak pernah memimpikannya.

Akan tetapi, Yanti pernah bermimpi tentang Emah selama tiga hari berturut-turut.

“Awalnya biasa saja saat hari pertama, begitu mimpi lagi baru sadar seperti ada yang janggal,” kata Yanti.

Merasa janggal, saban malam Yanti selalu berkirim pesan WhatsApp ke Emah, menanyakan kabarnya.

Sehari sebelum pembunuhan, Yanti tetap menghubungi bosnya tapi pesannya tidak pernah sampai.

Di hari berikutnya, Yanti kaget mendengar bosnya bersama dua putrinya terbunuh di kamar depan rumahnya.

Tuti dan Yanti segera ke rumah sakit Senin malam bersama rekan pedagang lainnya.

Emah dan dua putrinya, Nova dan Mutiara sudah berpulang ke pangkuan Ilahi.

Sumber: wajibbaca.com

Muslim Masuk Ke Tempat Ibadah Agama Lain, Bolehkah?

 

SELAMA ini kita hidup tidak hanya dengan muslim saja. Melainkan dengan umat agama lain juga. Tentunya, agama lain pun memiliki rumah ibadah yang mereka sakralkan untuk beribadah mereka. Lalu, bagaimana jika muslim masuk ke dalam rumah ibadah agama lain, bolehkah?

agama Para ulama sepakati bahwa masuk ke dalam rumah ibadah agama lain pada saat orang-orang kafir itu sedang menjalankan ritual agama hukumnya haram.

Sedangkan bila di dalam rumah ibadah itu sedang tidak ada ritual agama, maka para ulama berbeda pendapat. Sebagian memakruhkan, sebagian membolehkan dan sebagian lagi mengharamkan secara mutlak.

A. Haram ketika Ada Peribadatan

Ketika sedang ada peribadatan, maka para ulama sepakat mengharamkan seorang muslim masuk ke dalam rumah ibadah agama lain.

1. Al-Quran

Alasan pengharamannya jelas sekali, yaitu kita dilarang ikut dalam peribadatan agama lain. Dan Allah SWT telah menegaskan hal ini dalam Al-Quran Al-Karim.

قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ لاَ أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ وَلاَ أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ وَلاَ أَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدتُّمْ وَلاَ أَنتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

Katakanlah: “Hai orang-orang yang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmulah agamamu dan untukkulah agamaku”. (QS. Al-Kafirun : 1-6)

2. Fatwa Umar

Sedangkan hukum memasuki tempat ibadah orang kafir pada saat mereka sedang merayakan hari agama mereka adalah haram. Keharaman ini berangkat dari perkataan shahabat Umar bin Al-Khattab radhiyallahuanhu.

“Janganlah kalian memasuki tempat ibadah orang kafir pada saat mereka sedang merayakan hari agama mereka, karena kemarahan Allah akan turun kepada mereka.”

B. Ketika Tidak Ada Peribadatan : Khilaf

Sedangkan bila tidak ada akfitas ritual peribadatan di dalam rumah ibadah itu, maka para ulama berbeda pendapat dalam hukum memasukinya. Jumhur ulama umumnya membolehkan hal itu, namun pandangan mazhab Al-Hanafiyah memakruhkannya.

1. Jumhur Ulama : Boleh

Jumhur ulama baik dari mazhab Al-Malikiyah dan Al-Hanabilah serta sebagian ulama Al-Syafi’iyah berpendapat bahwa seorang muslim diperbolehkan memasuki gereja atau tempat ibadah orang kafir lainnya.

Di antara dasar kebolehan memasuki rumah ibadah agama lain adalah:

a. Rasulullah SAW Shalat di Depan Ka’bah

Ketika Rasulullah SAW masih tinggal di Mekkah, saat itu Ka’bah masih dikelilingi dengan 360 berhala. Boleh dibilang bahwa saat itu Ka’bah lebih merupakan tempat ibadah orang kafir, ketimbang rumah ibadah agama Islam.

Namun beliau SAW tetap datang dan masuk ke Ka’bah. Bahkan beliau SAW shalat di depan Ka’bah, padahal di sekeliling beliau terdapat berhala yang begitu banyak.

Hanya saja beliau tidak mau ikut dalam ritual ibadah yang dikerjakan oleh orang kafir jahiliyah. Sehingga ketika orang-orang jahiliyah sedang menjalankan ritual ibadah mereka, beliau SAW tidak turut campur.

b. Rasulullah SAW Masuk Masjid Al-Aqsha

Walaupun di dalam Al-Quran tetap disebut dengan istilah Al-Masjid Al-Aqsha, namun ketika Rasullullah SAW di-isra’-kan kesana, sebenarnya saat itu wujud masjid itu lebih merupakan tempat ibadah orang-orang Nasrani.

Faktanya saat itu memang belum ada orang yang beragama Islam di tempat itu, yang ada hanyalah pemeluk agama nasrani, alias kristen. Maka kedudukannya tempat itu lebih merupakan rumah ibadah agama Kristen.

Pada saat itu dakwah Nabi dan penyebaran Islam memang belum mencapai tempat sejauh itu. Peristiwa isra’ itu terjadi menurut para sejarawan, kurang lebih satu setengah sebelum hijrah. Jangankah Palestina, Madinah pun belum mengenal agama Islam.

Namun diriwayatkan bahwa beliau SAW pada saat isra; itu masuk ke dalamnya, bahkan ada riwayat yang menyebutkan bahwa beliau shalat sunnah di dalamnya.

c. Umar di Masjid Al-Aqsha

Ketika Rasulullah SAW wafat, akhirnya beberapa tahun kemudian barulah dakwah Islam masuk ke Palestina, hingga Masjid Al-Aqsha secara resmi diserahkan kepada umat Islam lewat tangan Umar.

Pada saat itu Umar memang menolak untuk mengerjakan shalat di dalamnya, namun alasannya bukan karena keharamannya, melainkan karena untuk menjaga perasaan dan hati para pemeluk nasrani. Selain itu beliau sendiri lebih ingin shalat di lokasi dimana Rasulullah SAW take-off menuju Sidratil Muntaha, karena pastilah tempat itu punya nilai khusus.

Akhirnya di tempat itu didirikan sebuah masjid, yang diberi nama masjid Umar. Lokasinya hanya bersebelahan saja dengan masjid Al-Aqsha yang tadinya rumah ibadah agama nasrani.

Syarat

Tapi sebahagian yang lainnya mensyaratkan harus ada izin dari mereka yang menggunakan tempat tersebut. Oleh karena itu hukum memasuki gereja seperti halnya untuk menghadiri perkawinan atau bertugas melakukan pekerjaan tertentu, bukanlah sesuatu yang diharamkan. Syaratnya adalah orang muslim tersebut tidak melaksanakan hal-hal yang bertentangan dengan aturan-aturan agama.

Meskipun demikian, sebaiknya dia tidak melakukannya kecuali jika dianggap perlu dan mendesak.

2. Mazhab Al-Hanafiyah : Makruh

Ulama di kalangan mazhab Al-Hanafiyah menyatakan bahwa makruh hukumnya seorang muslim memasuki gereja atau tempat ibadah orang kafir.

Yang menjadi dasar kemakruhannya bukan karena seorang muslim tidak punya hak untuk memasukinya. Namun dasarnya karena tempat ibadah agama lain itu merupakan tempat berkumpulnya setan.

Oleh karena itu pada dasarnya sekedar masuk ke dalam rumah ibadah bukan haram hukumnya, tetapi makruh karena menghindar dari kumpulan setan.[]

Sumber: rumahfiqih.com

Beredar Video Anies Dilarang Ikut Serahkan Piala Presiden Ke Persija, Ini Kata Fadli Zon

JAKARTA—Usai perhelatan final Piala Presiden di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/2/2018) dimana Persija Jakarta keluar sebagai jawara, beredar viral video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang nampaknya dilarang turun ke lapangan saat penyerahan trofi kepada Persija.

Dalam video itu nampak Anies hendak turun ke podium utama lapangan beserta rombongan Presiden Joko Widodo, namun kemudian dirinya dilarang turun oleh seorang anggota paspampres.

Hal tersebut, menurut Wakil Ketua DPR Fadli Zon, cukup mengherankan dan patut dipertanyakan.

“Ya harusnya yang ditanya itu Pak Jokowi, kenapa enggak diajak? Cukup mengherankan juga itu gubernur kan, sebagai bagian tuan rumah juga ya saya kira tanya saja,” ungkap Fadli di, Jakarta, Ahad (18/2/2018).

Menurut Fadli, dalam gelaran seperti itu, biasanya ada protokoler tersendiri yang melibatkan gubernur setempat. Fadli menyebutkan, seharusnya, Anies tetap dilibatkan dalam penyerahan piala tersebut.

“Mestinya dilibatkan, biasanya Presiden keluar negeri diundang untuk mengantar atau menjemput, saya enggak tahu ini ada kaitan atau tidak,” ucapnya.

Sebelumnya beredar viral di lini masa media sosial sebuah video saat penyerahan piala dalam turnamen Piala Presiden sejak Ahad (18/2/2018) siang. Video tersebut menjadi heboh karena pada saat itu terlihat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dilarang turun ke lapangan saat penyerahan piala.

Dalam video itu, awalnya terlihat Presiden RI Joko Widodo bersama Menpora Imam Nahrawi, Seskab Pramono Anung dan Menko Polhukam Wiranto diminta turun dari podium utama menuju lapangan untuk menyerahkan piala kepada Persija sebagai pemenang Piala Presiden. Anies sebagai Gubernur DKI awalnya ikut dalam rombongan Presiden.

https://twitter.com/NetizenTofa/status/965091167707660289?ref_src=twsrc%5Etfw

sumber: islampos.com

Astagfirullah, Terbongkar Lebih dari Rp.500 Juta Harga “Nyogok” Masuk Bintara Polisi, ini Tekniknya

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika masuk polisi harus “nyogok” seperti terbongkarnya, lewat Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada proses masuk calon polisi bintara, dan lebih mengejutkan lagi harga yang diberikan untuk sogokan tak tanggung-tanggung lebih dari Rp. 500 juta.

Ya, selama ini sudah menjadi pengetahuan umum bahwa untuk masuk menjadi anggota polisi, perlu uang hingga ratusan juta rupiah.

Namun, banyak pihak membantah hal tersebut, termasuk pihak kepolisian.

Sampai akhirnya terungkap beberapa komplotan yang memang beroperasi meminta uang masuk.

Dikutip dari masterberita.com, Subbid Paminal Bidpropam Polda Jatim bongkar sindikat makelar perekrutan calon polisi dari jalur Bintara dan Taruna 2017.

Pengungkapan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh petugas khusus itu berlangsung pada bulan lalu.

Salah satu oknum polisi yang ditangkap itu berpangkat Brigadir berinisial MJ, dinas di jajaran Polres Tulungagung.

Ia dianggap mensponsori dalam perekrutan anggota polisi atas nama REP, pendaftar dari Nganjuk.

Ketika OTT berlangsung, petugas Subbid Paminal Bidpropam Polda Jatim mengamankan uang tunai Rp 380.000.000; buku tabungan BRI dan kartu ATM

BRI atas nama MJ, buku tabungan BRI dan ATM BRI atas nama GG, ponsel milik Brigadir MO dan Blacberry dan ponsel lain milik Brigadir MJ.

Kabar yang berkembang dalam sindikat ini, MJ dan krunya membanderol harga Rp 525 juta.

Namun uang yang diserahkan keluarga korban REP ke Brigadir MJ masih sekitar Rp 380 juta.

Sisanya masih menunggu proses perekrutan selesai.

Untuk ‘menebus’ harga masuk polisi di jalur bintara, keluarga korban sampai menjual sawah.

Informasi diperoleh di lapangan, pihak keluarga REP ingin menjadikan anaknya sebagai polisi.

Lantas keluarga korban ngomong ke GG yang tak lain adalah, paman korban, untuk menitipkan ke panitia seleksi.

GG akhirnya minta informasi ke Brigadir MJ (kakak iparnya) untuk mencarikan informasi terkait penerimaan seleksi polisi.

Atas permintaan itu, Brigadir MJ menghubungi teman satu angkatannya, Brigadir MO yang dinas di Surabaya.

Tak lama kemudian, MO mempertemukan MJ dengan seorang perempuan berinisial IL asal Waru, Sidoarjo (swasta).

IL mengaku bisa membantu memasukkan menjadi anggota Polri dan disepakati Rp 525 juta.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan adanya OTT.

“Itu sudah saya cek ke Kabid Propam dan memang itu benar.

Kapolda menegaskan, siapapun yang melakukan akan mendapat punishment. Bisa dipindah ke luar Jatim,” ujar Frans Barung.

 

sumber: kabarmakkah.com

Merinding! Ternyata Dari Tahun 2004 Tanjakan Emen Sudah 7 Kali Kecelakaan Dan Banyak Memakan Korban! Yang Tahun 2004 Kejadian Sama Dengan Yang Sekarang..

Tanjakan emen benar diketahui bagaikan wilayah yang rawan musibah, dan juga sudah banyak memakan korban.

terkini, musibah yang menyebabkan tergulingnya bis, sabtu (10/2/2018) di tanjakan emen subang, jawa barat.

berikut catatan musibah yang sempat terjalin di tanjakan emen, subang yang dikumpulkan tribunnewsbogor. com dari bermacam sumber.

1. tahun 2004, 3 tewas

musibah maut ini terjalin pada bulan november 2004, yang mengaitkan bis pariwisata asal jakarta yang bakal kembali dari arah bandung.

sopir bis tidak kuasa mengatur bis, kemudian tergelincir dan juga terbalik.

hasil penyidikan, diprediksi rem blong dan juga keadaan ban yang sudah gundul.

musibah ini menyebabkan 3 orang tewas dan juga belasan yang lain cedera.

2. tahun 2009, 7 tewas

musibah maut pada september 2009 mengaitkan bis parahyangan yang bawa 41 orang sehabis kembali wisata dari gunung tangkuban perahu.

bis tersebut hadapi rem blong, sampai – sampai menabrah suatu mobil kemudian terguling sebagian kali.

sebanyak 7 orang tewas menggambarkan masyarakat buaran, serpong, tangerang selatan, dan juga belasan yang lain hadapi cedera berat.

3. tahun 2011, 3 tewas

musibah selanjutnya terjalin pada 7 oktober 2011, yang mengenai penumpang minibus pariwisata yang bawa turis asal belgia.

bis ini pernah mengebut dari arah tangkuban perahu, kemudian ketiadaan kendali sampai menabrak tebing jalur.

3 penumpang dilaporkan tewas di tempat, dan juga 9 yang lain hadapi cedera berat.

4. tahun 2012, 4 tewas

musibah yang lain mengaitkan bis dian mitra yang berasal dari arah tangkuban perahu mengarah ciater.

bis tersebut bawa 20 turis asal taiwan.

bis tersebut menabrak motor, sampai – sampai oleng dan juga menabrak tebing, kemudian terguling menutupi jalur.

sebanyak 3 masyarakat negeri taiwan dan juga seseorang pemandu wisata wafat di tempat.

korban yang lain sebanyak 26 orang wajib menemukan perawatan di rumah sakit hasan sadikin bandung.

peristiwa ini berlangsung pada bulan oktober 2012.

5. tahun 2014, 9 tewas

peristiwa yang sama mengenai rombongan pelajar sma nurul huda cengkareng dikala kembali liburan dari tangkuban perahu.

peristiwa ini terjalin pada bertepatan pada 17 juni 2014.

bis pariwisata aladin bawa 54 penumpang ini menabrak mobil minibus, kemudian terguling.

sebanyak 9 orang tewas, yang terdiri atas guru dan juga murid.

6. tahun 2017, satu tewas

tabrakan mengaitkan minibus isuzu dengan no polisi b 7085 kda, sepeda motor cbr dan juga mobil xtrail engan no polisi b1759 fkj, pada hari minggu, bertepatan pada 2 april 2017.

bukan bis, musibah ini dirasakan oleh satu keluarga yang menaiki minibus dari arah bandung mengarah subang.

mobil minibus ini ketiadaan kendali sampai menabrak satu motor dan 2 mobil yang lain.

akibat musibah tersebut, satu orang pengndara sepeda motor wafat dunia dan juga 3 penumpang minibus hadapi cedera berat.

7. tahun 2018, 27 tewas

musibah pada hari sabtu (10/2/2018) ini menyebabkan korban tewas lebih banyak dibanding tahun – tahun sebelumnya, ialah 27 orang.

bis yang mengangkat sekira 50 rombongan anggota koperasi itu, baru aja meninggalkan wisata kawah gunung tangkuban perahu buat berulang kembali ke tangerang selatan via tol cipali.

” bis mengarah subang kota dari arah bandung. dikala melintas turunan panjang dan juga berkelok, bis tidak terkontrol karna diprediksi rem blong dan juga menabrak sepeda motor dengan no polisi t 4382 milimeter. bis setelah itu menabrak tebing sebelah kiri jalur dan juga terguling di bahu jalur, ” ucap kapolres subang akbp meter joni.

Mitos

tanjakan emen ini populer dengan cerita mistis dan juga mitos yang sudah melegenda di golongan warga.

mitos tersebut terdapat dalam 2 tipe.

mitos dalam tipe kesatu, penamaan tanjakan emen seorang diri berawal dari suatu musibah maut yang terjalin dekat tahun 1960.

emen merupakan sopir oplet jurusan bandung – subang yang biasa mengemudi di malam hari.

tetapi nahas, ketika itu oplet yang dikendarainya terguling sampai dibakar.

badan emen juga turut dibakar hidup – hidup.

tipe kedua, emen merupakan korban tabrak lari di wilayah angker tersebut.

konon, mayatnya dirahasiakan di semak belukar dan juga pepohonan lebat di wilayah tanjakan itu.

semenjak dikala seperti itu, bermacam – macam musibah maut dan juga peristiwa aneh sering kali terjalin di wilayah tanjakan ini.

serupa kendaraan yang seketika mogok, sopir ataupun penumpang yang kesurupan ataupun kerasukan, sampai musibah maut.

sumber: tribunnewsbogor

Punya Bekas Koreng yang Menghitam di Kaki? Yuk Samarkan Dengan Cara Alami Berikut Ini, Bekas Luka Akan Hilang Dalam Waktu Singkat

Cara menghilangkan bekas koreng di kaki yang menghitam memang agak sulit karena biasanya sudah menahun. Walaupun tidak menyebabkan sakit tapi kehadiran koreng di kulit ini sering menyebabkan seseorang kurang percaya diri.

Di luar sana banyak sekali salep, obat ataupun perawatan kecantikan penghilang bekas koreng yang bisa dibeli di toko obat, apotik dan pusat kecantikan. Tapi tahukah anda kalau kita bisa menghilangkan bekas koreng secara alami?

Cara Menghilangkan Bekas Koreng

Koreng sendiri terjadi karena bekas luka yang mengering yang lama kelamaan terlihat menghitam. Bisa terjadi karena infeksi bakteri, jamur kulit, gigitan serangga ataupun luka karena anda garuk sendiri.

Seperti halnya dengan masalah kulit lainnya cara menghilangkan bekas koreng yang menghitam harus dilakukan secara teratur dan butuh waktu lama (tergantung pada kerusakan kulit).

Berikut beberapa obat penghilang bekas koreng secara alami, bahan-bahan tradisional yang bisa dibeli di toko herbal

Kencur dan Beras

Kencur memang terkenal sebagai tanaman obat yang dapat mengatasi beberapa penyakit kulit. Sedangkan beras bisa mencerahkan kulit, bahkan ada orang yang menggunakan air cucian beras untuk cuci muka.

Pertama-tama siapkan sekitar 50 gram beras dan 50 gram kencur. Rendam beras dalam air bersih selama 15 menit dan cuci kencur.

Tumbuk kedua bahan ini sampai benar-benar halus, tempelkan hasil tumbukan anda ke area bekas koreng. Sebaiknya bersihkan dulu kaki berkoreng anda dengan air hangat supaya kotoran hilang dan pori-pori lebih terbuka.

Sebagai tambahan minumlah jamu beras kencur, ramuan tradisional juga dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit.

Minyak Ular

Mendengar kata ular pasti membuat sebagian dari kita takut. Minyak ular diambil dari binatang ular namun tidak berbahaya bahkan sebaliknya sangat bermanfaat bagi manusia. Sejak jaman dulu minyak dari hewan melata satu ini digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit dan luka.

Minyak ular dapat anda beli di toko obat tradisional. Cara menghilangkan koreng dengan minyak ular cukup dengan mengoleskan di area yang bermasalah. Lakukan secara rutin sampai kulit kembali normal.

Daun Jarak

Tahu kan tanaman jarak? Katanya tanaman jarak merupakan bahan pembuatan bahan bakar alternatif. Memang cukup sulit menemukan tanaman ini terutama di perkotaan. Tapi tidak mustahil, cobalah cari di toko herbal ataupun pasar.

Siapkan kurang lebih 7 lembar daun jarak dan air sekitar 1,5 liter. Rebus daun jarak yang diremas-remas dalam air mendidih sampai menyisakan 1 liter saja. Minyak di daun akan keluar bercampur dengan air.

Diamkan sebentar agar suhu menurun sampai anda bisa merendam kaki berkoreng di dalamnya. Lakukan perendaman sampai air kembali ke suhu normal.

Air Kelapa

Air kelapa terkenal memilih banyak manfaat. Belilah kelapa yang sudah tua lalu ambil airnya kalau kelapanya bisa dibuat masak. Gunakan air kelapa untuk membasuh daerah yang korengan.

Setelah itu diam sebentar jangan terlalu banyak gerak agar air kelapa terserap kulit. Setelah air kelapa mulai mengering, tinggal bilas dengan air sampai bersih.

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Bekas Koreng di Kaki yang Menghitam Alami. Butuh kesabaran ekstra untuk menyembuhkan penyakit kulit, mungkin butuh waktu lebih dari sebulan agar bekas koreng bisa hilang. Kalau ingin hasil lebih cepat pergilah ke dokter kecantikan untuk perawatan mendalam (tentu harga lebih mahal).

 

sumber: siarberita.com