17 Ciri-Ciri Pria Sholeh Jatuh Cinta Perlu Diketahui

Perasaan cinta merupakan fitrah yang ada pada diri manusia. Di dalam setiap hati manusia pasti tertanam sebuah perasaan cinta. Baik cinta seorang ibu kepada anaknya begitu juga sebaliknya,cinta kakak kepada adiknya dan sebaliknya, cinta suami kepada istrinya dan sebaliknya dan banyak lagi. Allah menanamkan perasaan itu agar kita saling mencintai satu sama lain. Tidak ada yang salah ketika kita mengagumi seseorang bahkan mencintainya. Namun, setiap orang berbeda-beda dalam mengekspresikan perasaannya.

Ada yang menyatakan langsung, ada juga yang memendam perasaannya karena mungkin takut apa yang dirasakannya tidak terbalaskan.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana sih ciri-cirinya ketika seorang laki-laki shaleh mengalami jatuh cinta? Pada dasarnya ketika seseorang jatuh cinta sama saja, namun prilakunya saja yang berbeda. Untuk mengetahui lebih dalam silahkan simak 17 ciri-ciri pria shaleh jatuh cinta di bawah ini :

1. Semakin Mendekatkan Diri Kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

Ketika pria shaleh jatuh cinta, maka dia akan lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dia sadar, hanya Allah-lah yang dapat membolak balikkan hati manusia. Maka dia akan senantiasa selalu berdoa pada Allah agar dimudahkan semua urusannya termasuk urusan perasaanya.

Selain itu, dia akan hati-hati dalam mengontrol perasaannya karena dia takut perasaan cintanya adalah perasaan yang salah dan tidak mau cintanya terhadap makhluk Allah melebihi cintanya kepada Allah.

Dia juga akan semakin khusyuk dalam ibadahnya, shalatnya, puasanya dan ibadah lainnya semata-mata Lillahi Ta’ala. Sebagaimana seperti firman Allah dalam surat Al-An’aam ayat 162:

“ Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi Allah Tuhan semesta alam.” (QS Al-An’aam [6] : 162)

2. Dia Akan Menemui Wali Dari Wanita yang Dicintai Secara Langsung Untuk Mengkhitbahnya

Laki-laki yang shaleh, ketika dia jatuh cinta kepada seorang wanita maka dia akan mendatangi ayah atau wali dari wanita tersebut untuk segera mengkhitbahnya. Karena pria yang shaleh paham betul bahwa di dalam agama islam tidak ada istilah pacaran. Dia akan selalu ingat dengan firman Allah yang tertuang dalam surat Al-Isra’ ayat 32 yang artinya :

“ Janganlah mendekati zina, karena itu adalah perbuatan keji dan seburuk-buruknya jalan.” (QS Al-Isra’ : 32)

Pria yang shaleh akan selalu taat pada Allah dan selalu mematuhi perintah-Nya termasuk larangan untuk tidak mengambil jalan pintas melalui pacaran ketika dia merasakan jatuh cinta.

3. Dia Akan Mengendalikan Perasaan dan Hawa Nafsunya Jika Belum Mampu Untuk Menikahi Wanita yang Dicintainya

Seorang pria yang shaleh akan selalu mengendalikan semua perasaan yang ada dihatinya. Baik ketika dia marah, kecewa, sedih, bahkan ketika dia jatuh cinta. Seperti yang sudah dijelaskan pada point nomer dua, ketika laki-laki shaleh jatuh cinta maka dia akan langsung menemui wali dari wanita yang dicintainya untuk mengkhitbahnya.

Lalu bagaimana jika dia belum mampu untuk menikah? Belum cukup umur misalnya atau mungkin belum mampu menafkahi. Maka dia akan mengendalikan perasaan dan hawa nafsunya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dirihai Allah.

“ Tidak beriman seorang dari kamu sehingga ia menjadikan hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa (ajaran Islam).”(HR. Hakim)

4. Menghindari Perbuatan dan Perkataan yang Tidak Baik

Laki-laki yang baik tidak akan pernah melakukan perbuatan dan perkataan yang buruk atau tidak baik. Dia senantiasa akan menjaga hubungan baik dengan Allah Subhanahu Wa Ta’ala maupun dengan sesama manusia. Intinya bukan hanya ketika dia jatuh cinta saja, namun dalam keseharinnya pun dia akan selalu berbuat baik.

“ Yang paling sempurna imannya diantara kalian adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang paling baik diantara kalian adalah yang paling baik kepada istri-istrinya.” (HR. Turmudzi)

5. Selalu Menepati Janji dan Tidak Pernah Menyia – nyiakan Waktu

Ketika pria shaleh jatuh hati, maka dia tidak akan pernah menyia-nyiakan waktu dan akan selalu menepati janjinya. Karena dia sadar mengenai hukum ingkar janji dalam islam, dan merasa waktu sangatlah berharga serta begitu penting bahkan Rasulullah sempat menyinggungnya seperti ini :

“ Hidup sebelum mati, muda sebelum tua, sehat sebelum datang sakit, senggang sebelum sempit dan kaya sebelum miskin.”

6. Perhatian dan Tanggung Jawab

Pada dasarnya setiap orang yang memiliki perasaan, maka perhatiaannya akan lebih dalam lagi. Tidak berbeda juga ketika pria shaleh yang mengalaminya, karna pria shaleh juga sama-sama manusia. Dan dia akan lebih tanggung jawab atas apa yang dilakukannya termasuk tau betul mengenai tanggung jawab anak lelaki terhadap ibu. Begitupun kepada seseorang yang dicintainya maka dia akan memberikan perhatian yang lebih.

7. Akan Lebih Lembut Perangainya

Dalam kesehariannya seorang pria shaleh memang mempunyai perangai yang baik dan lembut. Dia akan menunjukkan perangai tersebut dihadapan semua orang termasuk yang dicintainya. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,

“ Sesungguhnya kelembutan menyertai sesuatu maka dia akan menghiasinya dan tidaklah kelembutan itu dicabut dari sesuatu, melainkan akan semakin memperburuknya.” (HR. Muslim)

8. Mengayomi dan Menyantuni

Seorang laki-laki yang shaleh memiliki sifat penyantun dan pengayom. Tidak hanya orang yang dicintainya, sifat tersebut akan ditunjukannya kepada siapapun. Tapi dia akan lebih menunjukkan sikapnya itu kepada orang yang dicintainya, dia akan mengayomi dan menyantuni wanita yang dicintainya.

9. Akan Memberikan Segenap perhatiannya dan Bersikap Wibawa

Selanjutnya, laki-laki yang shaleh memiliki perhatian yang luar biasa terhadap siapapun. Terlebih jika dia jatuh cinta dia akan mengerahkan segenap perhatiannya serta akan memberikan apa yang dia miliki. Meskipun seperti itu dia tetap berwibawa sehingga orang lain akan segan kepadanya.

10. Memiliki Sifat yang Lemah Lembut

Dia akan menunjukkan sikapnya yang lemah lembut. Dia begitu tegas namun tetap menampilkan sosok kelembutannya. Apalagi jika dia sudah menjatuhkan hatinya kepada seorang wanita yang menurutnya baik untuknya dan agamanya, maka dia akan bersikap lemah lembut dan akan membuat wanita yang dicintainya merasa tersanjung.

11. Lebih Sabar dan Memaafkan

Dia akan lebih sabar dan berusahan mengerti cara meningkatkan kesabaran dalam islam dengan semua yang terjadi kepadanya. Dia sadar, manusia memang berhak berikhtian namun Allah adalah sebaik-baik pembuat keputusan. Dan dia akan memaafkan semua kejadian yang tidak diharapkannya. Apapun kesalahan yang dilakukan oleh orang yang dicintainya dia akan mudah sekali memaafkannya.

12. Pendiriannya Kuat serta Mempunyai Prinsip Hidup yang Baik

Seorang laki-laki yang shaleh pendiriannya sangat kuat. Ketika dia mulai jatuh cinta, maka dia akan memperjuangkan seseorang yang dicintainya dengan selalu menyebut namanya dalam setiap doanya. Dia juga memiliki prinsip hidup yang begitu terarah sehingga dia akan membuat nyaman orang yang dicintainya.

13. Amanah

Amanah dalam islam adalah ciri-ciri dari seorang pria yang shaleh. Ketika dia jatuh cinta, maka dia akan menjalankan apa yang diperintahkan Allah dengan penuh amanah. Dia sadar apa yang dia lakukan selama hidupnya merupakan titipan dari Allah, begitupun dengan orang yang dicintainya.

14. Dia Akan Menjaga Matanya

Bagi laki-laki yang shaleh mata merupakan indera yang sangat berpengaruh terhadap keimanannya. Bahkan ketika dia jatuh cinta, dia tetap akan menjaga pandangannya sampai Allah menjadikan sosok yang dicintainya halal baginya. Allah berfirman dalam surat An-Nuur ayat 30 yang artinya :

“ Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, ‘hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya;’ yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (QS An-Nur : 30)

15. Dapat Mengendalikan Pergaulan

Pria yang shaleh sangat berhati-hati dalam pergaulan. Dan ketika dia jatuh cinta, tidak mungkin dia menjatuhkan hatinya pada perempuan yang salah. Untuk itu dia dapat menjaga pergaulannya dengan lawan jenisnya. Berbeda dengan jaman sekarang, dimana-mana banyak remaja yang terjerumus dalam pergaulan bebas. Namun bagi laki-laki shaleh, saat dia menyukai seseorang dia akan lebih pasrah kepada Sang Pemilik Hati agar diberikan jodoh yang terbaik.

16. Memiliki Wajah yang Tenang dan Sangat Menjaga Kata-katanya

Pada jaman sekarang ini, sangat mudah sekali seorang laki-laki mengutarakan perasaan cintanya. Berbeda dengan pria yang shaleh, dia cenderung akan menyembunyikan perasaannya dan hanya disampaikan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bisa saja dia mengutarakan langsung, namun dia lebih takut kepada Allah dan takut melukai perasaan wanita yang dicintainya. Seorang laki-laki yang shaleh memiliki wajah yang sangat menenangkan dan akan membuat orang yang dicintainya merasa tenang ketika memandangnya.

17. Mengajak Wanita yang Dicintainya Untuk Ta’aruf

Berbeda dengan laki-laki jaman sekarang yang jika jatuh cinta maka akan mengajak pacaran. Namun laki-laki shaleh akan mengajak orang yang dikaguminya untuk melakukan ta’aruf.  taaruf menurut islam sangat berbeda sekali dengan pacaran, karena ta’aruf adalah proses saling kenal mengenal dalam islam dan menjauhi zina.

Itulah 17 ciri-ciri pria shaleh jatuh cinta yang ditulis secara ringkas dan jelas dalam artikel kali ini. Penulis berharap pria-pria yang membaca artikel ini merupakan ciri-ciri pria yang shaleh. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya.

Sekian artikel pembahasan ciri-ciri pria shaleh jatuh cinta ini. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam penulisan dan terima kasih telah meluangkan waktunya untuk singgah di artikel ini.

 

sumber: latarduniaislam.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *