TIPS IBU-IBU, Bukan Di Dahi, Begini Cara Kompres yang Efektif Buat Menurunkan Panas Anak

Demam ialah penyakit yang bisa ditimbulkan karena banyak sebab seperti sakit tenggorokan, atau hanya karena baru tumbuh gigi pada sianak. Bagi bunda yang baru mempunyai anak kecil yang sedang demam, tak usah panik dan asal kompres kepala anak ya, sebab kalau cara mengkompresnya salah kepala anak justru dapat menjadi bertambah pusing. Bagaimana cara mengkompres kepala anak yang benar?

Pertama – tama siapkan air hangat dengan suhu 30 – 35ºC dan handuk bersih

Ini hal yang ternyata masih banyak salah kaprah pada sebagian orang Indonesia, mayoritas orang Indonesia ternyata masih menggunakan air dingin sebagai alat untuk menurunkan panas pada anak. Nyatanya ternyata air hangat lah yang paling mampu dan efisien dalam hal menurunkan panas anak. Setelah air hangat siap, kemudian basahi waslap atau anduk yang tadi sudah moms siapkan.

Tempelkan kain kompres di ketiak dan lipatan paha selama 10 menit dan ulangi beberapa kali sampai panas anak benar – benar menurun.

Mayoritas orang Indonesia ternyata menyimpan handuk hangat tersebut pada dahi anak saat anak mengalami panas. Faktanya ternyata panas anak akan lebih mudah untuk turun ketika kita mengkompres bagian paha dan ketiak. Karena ketika dan paha merupakan bagian tubuh yang paling banyak dilalui oleh pembuluh darah besar. Dengan demikian saat ketiak dan paha anak dikompres maka pembuluh darah secara otomoatis akan mengirimkan pemberitahuan ke otak bahwa suhu lingkungan sudah hangat.

Setelah panas turun segera keringkan tubuh anak dan ganti pakaian anak dengan baju yang tidak terlalu tebal

Untuk menghilangkan bekas air pada tubuh anak jangan gosok tubuhnya dengan handuk kering, namun pijat dengan sedikit tekanan untuk mengelap bagian yang masih agak basah. Selain itu jangan berikan anak baju yang tebal meskipun suhu tubuhnya sudah turun karena perubahan drastis suhu tubuh yang sudah turun dan panas ketika memakai baju tebal kurang baik untuk tubuh anak.

Berikan cairan yang cukup agar tidak dehidrasi

Terutama untuk anak moms yang masih balita, hal ini sangat penting lho. Baiknya moms tetap memberikan ASI yang sangat mencukupi kebutuhan hidrasi anak moms. Selain itu jangan sekali – kali moms arahkan kipas angin kepada anak ketika sedang dalam kondisi deman.

Itulah ulasan mengenai cara mengkompres yang sangat efekti buat anak demam, tapi jika buah hati masih mengeluarkan panas tubuh tinggi segeralah untuk menghubungi dokter anak terdekat. Semoga bermanfaat..

Sumber : sayangianak.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *