Apakah “Gumpalan Darah Hitam” yang Keluar Dari Rahimmu Merupakan “Gejala Awal Kanker Rahim”?! Jawabannya Bakalan Bikin Kamu Tercengang!

Banyak cewek yang langsung ketakutan ketika melihat ada gumpalan darah warna hitam yang keluar waktu dapet dan langsung berasumsi, jangan-jangan mereka terkena kanker rahim! Nah jangan salah kaprah dulu ya! Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa gumpalan darah yang keluar bisa berwarna hitam, yuk coba kita simak!

1. Kekurangan darah

Iya, kekurangan darah bisa menjadi salah satu penyebab keluarnya gumpalan darah yang berwarna hitam dari rahimmu. Kenapa? Hal ini disebabkan adanya ketidakseimbangan masa datang bulan yang terjadi dalam tubuhmu. Jika masa datang bulanmu terlalu cepat ataupun terlalu lambat datangnya, maka masa menstruasimu pun akan bertambah panjang.

Jika hal ini terjadi seiring dengan tubuhmu yang mengalami kekurangan darah, maka warna darah pun bisa berubah menjadi lebih gelap. Selain itu, kamu juga akan mengalami gejala pusing-pusing, penglihatan buram, muka pucat, badan lelah, sakit pada bagian perut dan lain-lain.

2. Sakit perut pada masa menstruasi

Kalau kamu merasa sakit perut pada masa menstruasi itu berarti peredaran darah dalam tubuhmu itu tidak lancar. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan keluarnya gumpalan darah berwarna hitam, apalagi ditambah dengan menstruasi yang tidak teratur. Jika volume darah yang keluar pada masa menstruasi juga tidak teratur, hal ini juga bisa menjadi penyebab penggumpalan darah hitam.

Gumpalan darah yang dihasilkan bisa jadi berwarna merah keunguan disertai dengan adanya bintik kuning pada bagian lidah. Jika kamu menemukan gejala seperti ini, kamu boleh mengonsumsi obat yang berguna melancarkan peredaran darah tubuhmu.

3. Ginjal yang lemah

Ini juga bisa menjadi salah penyebab gumpalan darah yang berwarna hitam loh, ladies! Selain menyebabkan gumpalan darah berwarna hitam, hal ini juga bisa menyebabkan menstruasi gak teratur, kaki serta pinggang pegal, sakit pada tumit, pusing-pusing, dan juga frekuensi buang air kecil yang sering pada malam hari. Selain itu, warna lidah juga akan terlihat pucat.

4. Menstruasi gak lancar

Banyak wanita yang mengalami menstruasi yang gak lancar setiap bulannya, bahkan ada volume darahnya keluar terlalu banyak atau malah terlalu sedikit setiap bulannya. Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya penyakit yang terjadi pada saluran vagina seoarang wanita seperti misalnya erosi serviks.

Jika gejala ini berlangsung terus-menerus, kamu boleh memeriksakannya segera ke dokter kandungan terdekat.

5. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup yang gak sehat seperti merokok, minum alkohol berlebihan, berolahraga terlalu intens, bergadang pada saat menstruasi ataupun kelelahan setiap hari bisa menjadi salah satu penyebab kenapa ada gumpalan darah yang hitam keluar dari rahimmu loh! Jaga kesehatan tubuhmu dan pola makanmu untuk tubuh yang sehat setiap saat!

Menurut para ahli, penyebab gumpalan darah hitam ini bisa disebabkan oleh gangguan endokrin, peradangan ginekologi, serta penurunan fungsi korpus luteum.

Menurut para dokter pengobatan Cina, gumpalan darah hitam ini bisa disebabkan darah panas dari tubuh wanita itu sendiri.

Terus gimana dong caranya supaya gumpalan darah warna hitam ini gak muncul lagi?

  1. Usahakan untuk menjaga mood-mu tetap bahagia setiap waktu. Hindari segala sesuatu yang bisa membuatmu merasa tidak enak hati ataupun marah. Jangan terlalu khawatir juga kalau kamu merasa sakit pada bagian payudara, pinggang ataupun punggungmu, itu hal yang biasa ketika kamu memasuki masa menstruasi.
  2. Jaga kebersihan pakaian dalammu. Pakailah pakaian dalam yang nyaman dan dapat menyerap keringat seperti bahan katun. Jangan pakai pakaian dalam yang ketat.
  3. Ketika dapet, jangan berhubungan intim dengan suamimu ya!
  4. Hindari makanan yang bersifat dingin ataupun yang pedas dan asam. Biasakan untuk memakan makanan yang bernutrisi seperti susu, telur ayam dan makanan lainnya yang mengandung protein tinggi.
  5. Pada waktu dapet, usahakan untuk tidak terlalu sering mandi, keramas dan merendam kakimu ke dalam air dingin.
  6. Usahakan untuk tidak terlalu capek ketika kamu sedang dapet. Jangan bergadang dan minimalisir kegiatan diluar rumah.
  7. Jangan ngecat rambut ataupun mencabut gigi pada saat kamu dapet.

Ternyata menstruasi yang lancar itulah kunci utama seorang wanita untuk tetap hidup sehat loh! Jangan pernah anggap remeh hal yang sepele seperti ini lagi ya!

Mulai sekarang kalau kamu merasa masa menstruasi ada yang kurang normal, segera periksakan dirimu ke dokter kandungan terdekat ya!

Untuk kamu yang sudah berumahtangga, disarankan untuk memeriksakan dirimu ke dokter setahun sekali ya! Yuk share ke temanmu!

[ sumber: siarberita]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *