“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, dan anak soleh yang mendoakan.” (HR. Muslim no. 1631).

Berdasarkan hadits tersebut, dapat kita pahami bahwa anak soleh yang mendoakan mampu menyelamatkan orang tua ketika sudah meninggal. Namun, tak hanya itu, anak soleh akan berusaha membahagiakan orang tuanya dengan berbagai cara.

Berikut hal yang harus dilakukan ketika orang tua telah meninggal yang dijelaskan Sayyid Sabiq dalam kitab Fiqih Sunnah, di antaranya:

1. Membaca Al-Qur’an

Menurut Ahmad bin Hambal dan segolongan dari sahabat Syafi’i berpandangan pahala ini akan sampai kepada orang yang telah meninggal. Maka setelah selesai membaca Qur’an, yang membacanya mengucapkan, “Ya Allah, sampaikanlah pahala seperti pahala bacaanku itu kepada si fulan”.

2. Sedekah

Ibunya Saad bin Ubadah telah meninggal dunia, lalu ia bertanya kepada Rasulullah saw, “Ya Rasulullah ibuku telah wafat, dapatkan aku bersedekah atas nama ibuku?” Beliau SAW menjawab, “Iya.” (HR Ahmad, an-Nasa’i dan lain-lain).

3. Puasa

Seorang laki-laki datang menemui Rasulullah SAW. Dia bertanya, “Ya Rasulullah, ibuku telah meninggal dunia sedangkan ia mempunyai kewajiban berpuasa selama sebulan. Apakah aku wajib mengqodho’ atas namanya?”

Nabi SAW menjawab “Jika ibumu memiliki utang, apakah akan engkau bayarkan untuknya?”

Lelaki itu menjawab, “Memang.”

Lalu Nabi SAW berkata, “Nah, maka utang kepada Allah lebih layak untuk dibayar.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Jangan bosan-bosan ya sahabat melakukan kebaikan untuk orang tua yang telah meninggal, karena setelah meninggal hanya amal kebaikan yang dibutuhkan. Wallahu a’lam. []

Sumber: islampos

PERHATIAN ! Meski Telah Meninggal, Orang Tua Kita Butuhkan Hal Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *