Presiden Joko Widodo Menikahkan putri satu-satunya Kahiyang Ayu Menikah dengan Bobby Nasution Rabu, (8/11/17). Resepsi pernikahan yang berlangsung di Gedung Graha Saba Buana, kota kelahiran presiden Jokowi, Solo, Jawa Tengah berlangsung meriah.

Mulai dari pejabat pemerintah pusat, daerah dan artis juga menghadiri acara tersebut. Jumlah keseluruhan tamu sendiri mencapai delapan ribu orang. Dengan jumlah tamu yang mencapai ribuan dan termasuk tamu VVIP itu, biaya pernikahan Kahiyang-Bobby ditaksir menelan dana hingga miliaran rupiah.

Wedding Consultant dari PT Bahtera Ratu Persada Yuliningtias mengatakan pernikahan putri presiden pasti mementingkan kualitas dari segala aspek. Karena itu, kata dia, dapat dipastikan semua yang dikenakan mulai dari makanan, baju dan pelaminan adalah yang terbaik.

Perempuan yang akrab disapa Ais ini mengatakan, untuk makanan, wedding organizer biasanya mematok harga paling murah Rp 80 juta untuk setiap seribu orang. Menurut Yuli, meski pernikahan ini menggunakan jasa penyedia makanan milik Kaesang Pangarep, anak presiden sendiri, namun tetap butuh biaya untuk membeli bahan baku. “Jadi saya perkirakan untuk makanan saja butuh dana lebih dari Rp 500 juta. Itu baru makanan utamanya, belum makanan ringannya lho,” kata dia seperti dilansir Tempo.co, Rabu, (8/11/17).

Untuk biaya beli pakaian, Ais memperkirakan butuh biaya Rp 20 juta untuk baju pasangan pengantinnya saja. Sementara untuk baju seragam keluarga mempeleai, ida memperkirakan butuh biaya sebanyak Rp 100 juta. Sedangkan untuk biaya dekorasi, dia mengkisar Rp 50 juta habis untuk biaya dekorasi pelaminan. “Lalu biaya foto karena Kahiyang beberapa kali melakukan foto prawedding pasti sampai Rp 25 juta sampai Rp 30 juta,” kata dia.

Selain itu, untuk biaya pembawa acara, Ais berujar biasanya pembawa acara dibayar Rp 5 juta per acara. “Karena pernikahan ini menggunakan lima pembawa acara, maka dana yang dibutuhkan adalah Rp 25 juta,” kata dia. Untuk biaya gedung, karena yang digunakan adalah milik Jokowi maka biaya yang dikeluarkan hanya untuk keperluan listrik. “Kalau gedung sendiri ya seperti orang hajatan di rumah saja,” kata dia.

Seluruh perhitungan itu kata Ais belum memasukan biaya tambahan misalnya untuk jasa keamanan, makanan cadangan, transportasi tamu dan biaya sampingan lainnya. Ais memperkirakan seluruh biaya yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pernikahan Kahiyang-Bobby mencapai lebih dari Rp 2 miliar. “Diperkirakan menyentuh Rp 2 sampai 3 miliar.”

Namun mewahnya pernikahan Kahiyang Ayu dan kekasihnya Bobby, dibantah oleh Jokowi. Dia menyatakan pernikahan putrinya relatif sederhana, tidak mewah. “Ya relatif-lah ya yang namanya sederhana. Wong kita ini juga punya hajatannya di kampung, ya kan. Gedung juga gedung sendiri. Catering juga sendiri, panitia juga sendiri,” ujar Presiden Joko Widodo sebagaimana dikutip dari siaran pers Istana Kepresidenan, Selasa, (7/11/17).

Presiden Joko Widodo merasa bahwa nikahan putrinya tidak jauh berbeda dengan pernikahan-pernikahan pada umumnya. Rangkaian prosesinya pun, menurut dia, tidak ada yang benar-benar istimewa.

“Jadi jangan dibandingkan dengan yang lain-lain. Kita ini hajatannya di kampung, di daerah, jadi ya adanya seperti ini,” ucap Presiden. []

 

Sumber: inspiradata.com

Inilah Biaya Pernikahan Kahiyang Ayu, Putri Presiden Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *